oleh

Menakjubkan! Madura United Raih Dua Kemenangan Tanpa Playmaker Andalan

MediaJatim.com, Pamekasan – Sejatinya, dua pertandingan yang cukup berat. Sebab, semuanya dilakoni di kandang lawan yang dikenal angker. Namun, Madura United tampil digdaya dengan menyapu bersih 6 poin; mengalahkan tuan rumah Persela Lamongan 5-1 dan Barito Putera FC 1-0.

Hingga pekan kedua Shopee Liga 1, Madura United memuncaki klasemen. PSM Makassar dan Bali United berada di bawahnya karena kalah surplus gol, meskipun sama-sama punya 6 poin. Hingga kini, Madura United menjadi tim paling produktif dan hanya kebobolan sebiji gol.

Dalam dua laga tersebut, sebenarnya Madura United diliputi sedikit persoalan. Yakni, playmaker andalan Laskar Sape Kerrab, Zah Rahan, tidak bisa merumput. Cedera membekam Zah Rahan kala menjalani official training jelang lawan Persela.

Masalah tersebut kian menguat, karena gelandang bertahan Asep Berlian juga tidak dapat merumput di kandang Persela. Asep kala itu menjalani sanksi larangan membela Madura Untied satu pertandingan sisa dari Liga 1 2018.

Selain karena kerja keras tim, dua kemenangan Madura United juga tidak terlepas dari kejelian Pelatih Dejan Antonic. Kala melawan Persela Lamongan tanpa Zah Rahan, Dejan menurunkan 4 pemain sekaligus yang bertipikal menyerang. Yakni, Andik Vermansyah, Alberto Goncalves, Greg Nwokolo, dan Aleksander Rakic.

Line up melawan Laskar Joko Tingkir dan Barito Putera, Dejan Antonic tidak menggunakan pakem yang ideal digunakan saat pertandingan uji coba sebelumnya. Pelatih asal Serbia itu biasa menggunakan tiga pemain tengah atau lebih dikenal dengan pola pertandingan 4-3-3.

“Kemenangan Madura United di dua laga away sangat kita syukuri. Kemenangan yang bukan karena Madura United bertabur pemain bintang. Akan tetapi, lebih karena ditopang dengan kerja keras tim dan solidaritas yang tinggi,” tegas Dejan.

Kondisi Zah Rahan hingga menjelang pertandingan pekan ke-3 melawan Borneo FC, Selasa (28/05/2019) mendatang, masih belum jelas. Kemungkinan duet Zulfiandi-Asep Berlian dan memainkan Andik Vermasyah lebih kebelakang akan dipakai Dejan Antonic.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: A6