oleh

MI Miftahul Ulum Ragang Cetak Hafidz Qur’an Melalui Haflatul Imtihan

MediaJatim.com, Pamekasan- Sebagai Lembaga Pendidikan berbasis yang Islam, MI Miftahul Ulum, Dusun Bates, Desa Ragang, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan berkomitmen mencetak siswa Qur’ani. Visi itu dibuktikan dengan digelarnya lomba menghafal Qur’an pada pagelaran Haflatul Imtihan. (13/06/2019).

Menurut salah satu guru di lembaga ini, Hambali, lomba ini dikhususkan untuk kelas enam. “Hafalan ini khsusus untuk kelas enam saja,” tutur pria yang akrab disapa ustadz Hambali ini.

Ia membeberkan, mengingat masih tingkat MI, siswa diwajibkan menghafal tiga jus saja, tidak semua.”Ya, tidak semuanya atau 30 jus. Karena ini masih dini. Selebihnya, ya disunnahkan. Tapi lebih dari tiga jus itu kami bersyukur,” katanya saat diwawancara di tengah-tengah pelaksanaan lomba.

Baca Juga:  Hima Prodi PAI STAIN Hidupkan Kepedulian Pemuda

Terpantau, lomba ini dikomandani Ach.Wardi yang juga ketua panitia pelaksana Haflatul Imtihan tahun ini. Sedang Dewan Juri terdiri dari empat orang sekaligus Hafidz. Tiga dari luar lembaga dan satu dari dalam lembaga.

Ach.Wardi mengatakan, untuk tahun depan lomba tahfidz tidak hanya untuk kelas enam. Tapi juga untuk semua kelas. Mulai kelas satu sampai kelas enam. “Insyallah, tahun depan akan diadakan untuk semua kelas,” ujarnya di atas podium.

Hadirin pada lomba ini terlihat antusias. Terbukti, setiap peserta dipanggil disambut riuh dengan tepuk tangan bangga berikut usai membacakannya.

Baca Juga:  Perwakilan KKM MI Kadur Raih Juara II Pamekasan School Fair

Tidak hanya itu, Dewan Juri juga memberikan wajangan ihwal betapa mulianya umat muslim yang hafal Qur’an. “Hafalan Qur’an akan menjadi cahaya bagi penghafalnya. Bahkan melebihi sinar matahari,” salah satu penjelasannya sebelum membacakan potongan ayat untuk disoalkan kepada peserta.

Reporter: Gafur

Redaktur: Zul