Disperindag Sumenep Fasilitasi Terbentuknya Lembaga Sentra Ukir dan Mebel Karduluk

Media Jatim

Mediajatim.com, Sumenep – Dalam rangka peningkatan kualitas para pengrajin ukir dan mebel kayu Karduluk, Pragaan, Sumenep, Dinas Lerindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat mengadakan kegiatan sosialisasi penataan kelembagaan industri (Sentra Kriya Kayu). Itu berlangsung selama dua hari, Hari Rabu-Kamis (19-20/06/2019) di Balai Desa Karduluk, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Moh Halil Rosihan, selaku Kabid Pemberdayaan, Industri dan Perdagangan Disperindag Sumenep menyampaikan, acara pembukaan berlangsung pada hari Rabu kemarin (19/06) yang dihadiri langsung oleh Camat Pragaan Darussalam serta H.Iksan Kades Karduluk.

“Alhamdulillah Pak Camat Pragaan dan Pak kades Karduluk menyambut baik acara ini. Kami juga mengundang puluhan pelaku usaha ukiran dan mebel kayu Karduluk sebagai peserta sosialisasi. Mereka sangat antusias dan semangat,” ucapnya pada MediaJatim.com, Kamis (20/06).

Baca Juga:  Inilah Jadwal Lengkap Piala Presiden 2018

Lanjut Halil, selesai acara pembukaan, di hari pertama para peserta langsung diberikan materi pemasaran produk yang disampaikan oleh Nur Rendi Mustiko dari Disperindag Provinsi Jawa Timur.

“Materi di hari terakhir merupakan materi paling penting, yakni tentang penataan kelembagaan sentra yang disampaikan oleh Bapak Hari Cahyo Kuncoro. Karena setelah ini kita akan membentuk Lembaga Sentra Ukir dan Mebel yang akan menaungi seluruh pelaku usaha dan pengrajin kayu di Karduluk sehingga ukiran kayu di sini bisa bersaing di tingkat nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Mohammad As’adi salah satu peserta sosialisasi mengungkapkan, materi yang disampaikan terkait pemasaran produk sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha ukir dan mebel kayu di Karduluk, terkhusus mengenai cara pemasaran secara via online.

Baca Juga:  Persam Juara Piala Menpora 2023, Manajemen dan Pemain Sujud Syukur di Alun-Alun Trunojoyo Sampang

“Untuk pembuatan Lembaga Sentra Ukir di ssimi kami sangat setuju. Jadi, semua golongan harus bersatu untuk kemajuan seni ukir di Karduluk ini. Karena jika masih tetap mengedepankan ego masing-masing, jelas sulit bagi kita untuk bersaing dengan sentra ukir kayu di daerah lain, seperti Jepara dan Bali. Maka hari ini sudah saatnya sentra terbentuk, apalagi sudah difasilitasi dinas terkait,” tegasnya.

Akhirnya, dengan kesepakatan seluruh pelaku usaha yang hadir, Lembaga Sentra Ukir dan Mebel Karduluk resmi dibentuk. Mursidi terpilih sebagai ketua. Untuk proses legalisasi lembaga, pihak Disperindag menyatakan siap memfasilitasi hingga selesai.

Reporter: AK

Redaktur: A6