oleh

Pagar Nusa Jember Berkomitmen untuk Jaya

MediaJatim.com, Jember – Komitmen PC Pagar Nusa Jember untuk mengembangkan dan memajukan silat ‘beraliran’ Nahdlatul Ulama di kota tembakau ini tak perlu diragukan lagi. Segala upaya terus dilakukan untuk menuju kejayaan. Salah satunya adalah mencetak pelatih-pelatih mumpuni guna meningkatkan keterampilan anggota Pagar Nusa di masa-masa mendatang.

“Kami akan terus meningkatkan pelatih dari segi kualitas maupun kuantitas. Semakin banyak pelatih, semakin baik. Berarti semakin banyak melahirkan pesilat-pesilat muda,” tukas Ketua PC Pagar Nusa Jember Jawa Timur, H Fathorrozi saat memberikan sambutan dalam acara ‘Pengesahan dan Pelantikan Pelatih’ di aula PCNU Jember, Jawa Timur, Rabu (19/6).

Dalam acara tersebut, setidaknya terdapat 50 pesilat yang disahkan sebagai pelatih Pagar Nusa. Meraka adalah pelatih-pelatih pilihan yang sudah menjalani proses penggemblengan cukup panjang, sehingga dipastikan mereka benar-benar siap baik secara fisik maupun psikis untuk melatih sekaligus mencetak bibit-bibit pesilat baru.

“Jadi kami menyeleksi mereka dulu, lalu dari hasil seleksi itu, kami berikan pelatihan dengan mendatangkan instruktur andal. Jadi mereka sudah siap luar- dalam,” tukasnya.

H Rozi menambahkan, rekrutmen anggota baru terus dilakukan melalui unit Pagar Nusa di sejumlah lembaga pendidikan dan pesantren. Saat ini, katanya, unit Pagar Nusa sudah dibentuk di beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Jember, Universitas Islam Jember, sekolah umum, dan sejumlah pondok pesantren.

“Melalui unit-unit itu kami menerima anggota baru, dan kemudian dilatih dengan jurus dasar, dan selanjutnya berkembang sesuai kamampun mereka,” ujarnya.

Alumnus pondok pesantren Salafiyah-Syafi’iyah, Asembagus, Kabupaten Situbondo itu menegaskan, pihaknya perlu menggenjot kemampuan pesilat Pagar Nusa sebagai persiapan untuk mengikuti sejumlah kejuaraan tahun 2019, baik di internal Pagar Nusa maupun di level kejuaraan umum. Ia berharap agar anggota Pagar Nusa giat berlatih sendiri guna mamastikan kebugaran tubuh sekaligus menambah skill.

“Nanti kami seleksi siapa-siapa yang bisa ikut di sejumlah kejuaraan tahun ini,” pungkasnya.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: A6