oleh

Cyberbullying Marak Terjadi, Mahasiswa UM Galakkan Gerakan Stop Cyberbullying

MediaJatim.com, Malang – Kasus cyberbullying termasuk dalam kasus kategori tinggi. Hampir setengah populasi remaja Indonesia pernah mengalami cyberbullying.

Menurut hasil riset terbaru yang dilakukan oleh APJII (2019) menunjukkan bahwa 49% pengguna internet di Indonesia pernah menjadi sasaran bullying di media sosial atau lebih tepanya pernah menjadi korban dari keganasan cyberbullying baik yang dilakukan oleh orang terdekatnya maupun oleh netizen Indonesia yang sudah sangat terkenal keaktifannya di media sosial.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (2017) menyampaikan bahwa kasus bullying mengalami peningkatan baik di dunia nyata maupun di dunia maya/cyberbullying. Menurut ahli, kasus cyberbullying terus meningkat dikarenakan karakteristik media sosial yang memungkinkan pengguna bertukar informasi secara cepat.

Selain itu, fitur media sosial memungkinkan pelaku untuk menyembunyikan identitas dan belum adanya kepastian hukum terkait cyberbullying.

Dilatarbelakangi kasus tersebut, tiga mahasiswa UM yang diketuai oleh Nadya Yaniar Nafis dan beranggotakan Devi Eriska Sari dan Nur Mega Aris menggalakkan gerakan Stop Cyberbullying. Gerakan tersebut dilakukan di sosial media yakni instagram dengan tujuan untuk mencegah tindakan cyberbullying secara online.

“Tindakan bully secara online, dilawan juga secara online,” ujar Nadya Yaniar Nafis, Sabtu (22/06/2019).

Di instagram @gstop_cyberbullying mereka memposting informasi tentang cyberbullying dan cara mengatasi tindakan cyerbullying. Selain itu mereka juga memposting komik-komik online yang menarik tentang cyberbullying. Tagar #stopcyberbullying dan #saynotocyberbullying mereka gunakan dalam gerakan ini.

Gerakan ini diharapkan dapat memberikan infomasi tentang cyberbullying serta bahayanya. Didesain dengan kata-kata dan gambar menarik dapat membuat orang yang melihat tertarik untuk membacanya informasi dari setiap postingannya. Selain itu, fitur question box di instagram digunakan untuk sharing seputar tindakan cyberbullying.

Reporter: Ist

Redaktur: Zul