oleh

Muslimat NU Sumenep Ajak Batasi Penggunaan Gadget pada Anak

MediaJatim.com, Sumenep – Mari batasi penggunaan gadget pada anak. Demikian pesan ketua PC Muslimat NU Sumenep, Ny. Hj. Dewi Khalifah, Selasa malam (25/6) kemarin, di halaman Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Nurul Ihsan Sentol Daya Pragaan Sumenep saat menjadi muballighah pada acara Haflatul Imtihan dan Kesyukuran Siswa Siswi Kelas Akhir 2019.

Pada kesempatan tersebut, ketua Cabang Muslimat NU Sumenep ini juga menjelaskan beberapa mudlarat yang timbul akibat penggunaan alat elektronik yang berlebihan.

“Bila anak terlalu sering bermain hape, ini akan berpengaruh pada kondisi fisik dan psikisnya,” terang perempuan yang biasa dipanggil Nyi Eva ini.

“Secara fisik, radiasi yang dipancarkan layar smartphone akan merusak sumsum tulang belakang anak,” jelasnya. Beliau juga mengkritik gaya hidup generasi milenial yang sudah berlebihan dalam menggunakan gadget.

Selain diisi dengan ceramah agama, kegiatan tahunan ini juga dikemas dengan prosesi wisuda untuk siswa-siswi Raudlatul Athfal (RA) Al-Ihsan VB. Moh. Shaleh, S.Pd selaku Kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan, “Mulai tahun ini, siswa RA akan mendapatkan ijazah resmi dari Kementerian Agama seperti halnya ijazah MI”.

Namun demikian, terdapat batasan usia bagi siswa RA agar bisa melanjutkan pendidikannya ke tingkat dasar.

“Siswa RA kelompok B harus berusia minimal enam tahun. Jika tidak memenuhi batas tersebut, maka yang bersangkutan tidak akan diluluskan demi kebaikan siswa itu sendiri,” pungkasnya.

Reporter : Ach. Khalilurrahman

Redaktur: Zul