oleh

Bupati Kenalkan Potensi Daerah Pamekasan ke Mancanegara

MediaJatim.com, Pamekasan – Demi mewujudkan slogan Pamekasan Hebat Bermartabat, Bupati Pamekasan Badrut Tamam mulai menggali berbagai jenis potensi daerah untuk dikenalkan ke mancanegara. Salah satunya seni budaya tradisional khas Pamekasan.

Karya seni budaya tersebut menjadi tontonan di berbagai publik, baik tingkat nasional hingga international. Salah satunya, seni budaya tardisional asli daerah berjuluk Ratu Pamelingan ini dipamerkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin malam (14/7/2019).     

Penampilan seni budaya tradisional tersebut menjadi tanggung jawab Badan Penghubung Daerah Jawa Timur (Jatim). Terdapat beberapa seni budaya tang ditampilkan, masing-masing lagu Madura, drama tari, musikalisasi puisi, dan fashion batik.

Selain itu, promosi produk unggulan batik, kuliner campor lorjuk, karepe’ tette, kerupuk tanggu’. Pementasan seni budaya di TMII tidak terlepas dari kerja sama antara Pemkab Pamekasan dengan Badan Hubungan Daerah Jatim.

Baca Juga:  Achsanul Qosasi Mendukung Penuh Pelaksanaan PKH

“Tujuannya, sebagai langkah untuk mempererat hubungan daerah dengan Jatim. Ini semua tidak terlepas dari peran Badan Penghubung Jatim, sehingga seni budaya daerah bisa kami tampilkan di TMII,” tutur Badrut Tamam.

Pihaknya menegaskan, kesenian dan budaya di daerah harus dikenalkan ke berbagai penjuru. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian kerakyatan serta perkembangan daerah secara umum.

“Maka dari itu, pemerintah berkewajiban untuk menfasilitasi segala kegiatan kesenian maupun kebudayaan yang ada di daerah. Jika keduanya sudah dikenal oleh berbagai kalangan maka Pamekasan akan mengalami peningkatan yang luar biasa,” tegasnya.

Baca Juga:  Ini Target Gol Peter Odemwingie Bersama Madura United FC

Bupati yang terkenal milenial tersebut manghaturkan banyak terima kasih terhadap Badan Penghubung Jatim atas kesempatan untuk menampilkan seni budaya di Jakarta. Selain itu, ucapan terima kasih kepada para tokoh, dan masyarakat Pamekasan secara umum.

“Alhamdulilah ini semua berkat dukungan dari berbagai kalangan. Sehingga seni dan budaya daerah bisa dikenalkan secara national di TMII,” paparnya.

Badrut berharap, hubungan Pamekasan dengan Pemerintah Provinsi Jatim semakin erat. Terutama melaui penampilan seni dan budaya. Dengan demikian, diyakini peningkatan daerah melalui kesenian dan budaya lambat laun akan bergeser menjadi luar biasa.

“Mudah-mudahan hubungan ini semakin terjalin membaik. Dengan begitu, lambat laun Pamekasan hebat akan terealisasi secara optimal,” harapnya.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman