oleh

Ikutilah! OPTIKA 2019 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Olimpiade Matematika (OPTIKA) merupakan ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika (HMJ-PMAT) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) sebagai bentuk ikut serta mempersiapkan sumber daya manusia berintelektual tinggi guna menghadapi persaingan global yang lebih luas.

OPTIKA merupakan perkembangan dari kegiatan Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Jakarta pada tahun 1988. Kegiatan LCCM ini timbul dari rasa peduli Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap kondisi dan mutu madrasah yang pada saat itu masih kurang diperhatikan oleh Pemerintah dan dianggap tidak mampu bersaing dengan sekolah umum, terutama dalam mata pelajaran sains yaitu matematika.

Kegiatan OPTIKA terus mengalami perkembangan, mulai dari OPTIKA 12 hingga OPTIKA 18. Perkembangan yang sangat terlihat pun terjadi pada OPTIKA 14. Dimana cakupan wilayah yang sebelumnya se-Jawa, diperluas menjadi se-Indonesia serta format olimpiadenya yang berada di beberapa tahap yaitu seleksi wilayah, seleksi nasional dan olimpiade semifinal. Dengan Lomba Cerdas Cermat Matematika sebagai tahapan akhir atau Grand Final OPTIKA.

Pelaksanaan OPTIKA 19 terbagi dalam 13 wilayah dan 27 pelaksanaan yang akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Pada OPTIKA 19 ini, dibuka tempat pelaksanaan baru yaitu Pontianak. Pada OPTIKA 19, tahapan yang digunakan serupa dengan tahapan pada OPTIKA 18, yaitu diawali dengan seleksi wilayah, seleksi nasional, olimpiade semifinal, dan grand final. Berikut data pemenang dua tahun terakhir.

Kegiatan ini mengajak siswa-siswi yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah Negeri dan Swasta serta Sekolah Islam se-Indonesia untuk meningkatkan rasa percaya diri serta menunjukkan kemampuan dan daya saing dalam bidang matematika sehingga akan melahirkan matematikawan soleh.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 4 tahap. Tahap I (tahap penyisihan wilayah) dilaksanakan Hari Sabtu, 28 September 2019 serentak di 13 wilayah di Indonesia (Jakarta, Pamekasan, Tangerang, Serang, Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Semarang, Jepara, Pamekasan, Surabaya, Kediri, Jogjakarta, Malang, Medan, Riau, Aceh, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Makasar, Palu, Lombok, Lampung, Pontianak). Tahap II (tahap penyisihan nasional) dilaksanakan Hari Senin, 30 September 2019 serentak di 13 wilayah di Indonesia. Tahap III (semi final) dilaksanakan Hari Sabtu, 12 Oktober 2019 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tahap IV (GrandFinal) dilaksanakan Hari Minggu, 13 Oktober 2019 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jakarta, 7 Agustus 2019
Panitia Pelaksana

Untuk Link pendaftaran :

Tingkat MI/SD: klik di sini

Tingkat MTs/SMP: klik di sini

Tingkat MA /SMA: klik di sini

🔊More information:

Instagram: @optikauinjkt

Facebook: OPTIKA.UINJKT

Twitter: @Optika_UINJKT

Web: www.optika.event.uinjkt.ac.id

📲Contact us:

Tingkat MI: 0882-1291-6620 (Liza)

Tingkat MTs: 0838-7202-2013 (Ratna)

Tingkat MA: 0812-4166-3297 (Amal)