MSFC DISPLAY WEB

KKN UMM Angkat Budaya Jaranan di Festival Pajaran

Media Jatim

MediaJatim.com, Malang – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 13 Universitas Muhammadiyah Malang mengangkat Jaranan sebagai kesenian budaya yang ditampilkan dalam Festival Pajaran.

Festival Pajaran merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh kelompok mahasiswa KKN 13 UMM tahun 2019 yang bertemakan Budaya. Event ini diadakan pada 13 Agustus 2019 lalu di Dusun Tondo Asri, Desa Pajaran.

Kegiatan yang dihadiri oleh tamu undangan dari seluruh perangkat desa, tokoh masyarakat dan warga ini, dimulai pada pukul 20.00 waktu setempat.

Ketua pelaksana Affan mengatakan, acara ini diadakan dengan tujuan untuk membranding budaya yang ada di desa Pajaran yaitu budaya Jaran Kepang.

Baca Juga:  KKN UMM: Sumakul Produktif dan Kreatif di Era 4.0

“Kesenian Jaran Kepang tersebut diisi oleh kelompok kesenian budaya Jaran Kepang Singo Ludro yang merupakan salah satu kelompok kesenian Jaran Kepang lokal yang ada di Desa Pajaran,” kata Affan, Rabu (14/8/2019).

Sementara Koordinator Desa KKN 13 UMM M. Ali menegaskan, sebagai penerus bangsa kita harus peduli terhadap budaya-budaya lokal yang dimiliki di Indonesia, juga harus mengembangkan budaya tersebut sehingga kita bangga menjadi warga yang cinta akan budaya.

“Alhamdulillah, dalam Festival Pajaran ini masyarakat terlihat sangat antusias, terbukti dari masyarakat yang mengikuti acara dari awal hingga selesai,” tukasnya.

Baca Juga:  2 Fast Acceleration, City Tour Unik Bareng Hendy Siswanto

Selain penampilan kesenian budaya Jaran Kepang, dalam Festival Pajaran ini mahasiswa kelompok KKN 13 juga menampilkan Musikalisasi Puisi yang berkolaborasi dengan beberapa adik-adik dari desa Pajaran. Yang mana puisi yang ditampilkan mengangkat tema tentang budaya Indonesia yang semakin hari semakin hilang dan mulai luntur. Puisi tersebut merupakan karya dari salah satu anggota kelompok KKN 13 UMM.

Banner Iklan Media Jatim

Reporter: Ist

Redaktur: Zul