oleh

Semarak Kemerdekaan, Mahasiswa UMM Hadirkan Budaya Jaranan Pegon

MediaJatim.com, Malang – Pada hari Selasa (14/8/2019) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 44 mengadakan acara penutupan sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke- 74 di Dusun Sumberbendo, Desa Pringgodani, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Acara tersebut menampilkan hiburan kesenian Jaranan Pegon yang dilaksanakan di dekat Sumber Air Tirta Hening, Dusun Sumberbendo. Sebelum pertunjukan Jaranan Pegon, siang harinya masyarakat Sumberbendo bersama mahasiswa KKN UMM Kelompok 44 melakukan acara tasyakuran dan berdoa bersama di dekat Sumber Air Tirta Hening.

“Rangkaian acara ini sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan, berkat sumber air tersebut bisa menghidupi masyarakat sekitar sekaligus memperingati HUT RI ke- 74,” kata penanggung jawab kegiatan, Junieawan.

Pertunjukan Jaranan Pegon adalah bentuk tindak lanjut kami dari proker unggulan kami (mural sumber) dulu sekaligus memperkenalkan budaya Jaranan Pegon.

“Kami menempatkan acara tersebut di Sumber Tirta Hening karena kami melihat potensi di sekitar sumber ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang aktifitas masyarakat sekitar untuk pertunjukan maupun untuk bermain dan ke depannya dengan adanya kegiatan ini bisa menambah rasa gotong royong masyarakat setempat untuk saling menjaga Sumber Air Tirta Hening ini,” jelas Junieawan.

Ia juga menegaskan, acara ini terlaksana dengan lancar atas kerjasama yang baik dengan masyarakat Dusun Sumberbendo.

“Warga sangat mendukung dan antusias dalam membantu persiapan kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Edy selaku Pj Kepala Desa Pringgodani dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa KKN UMM Kelompok 44, yang telah berbuat banyak terhadap perkembangan Desa Pringgodani selama satu bulan.

“Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman KKN 44 UMM, yang telah menjalankan program kerjanya selama sebulan di Desa Pringgdoni,” ucap Edy.

Reporter: Rina

Redaktur: Zul

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *