Kapolres dan Dandim Jakarta Pusat Gelar Silaturahmi Kamtibmas dengan Warga Papua

Media Jatim

MediaJatim.com, Jakarta – Terkait rusuh yang baru-baru saja terjadi di tanah Papua, Kamtibmas Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol. Harry Kurniawan dan Dandim Jakarta Pusat Letkol Inf. Wahyu Yudhayana dengan Warga Papua yang berada di Jakarta menggelar acara silaturahmi Kamtibmas.

Silaturahmi kamtibmas ini salah satunya membahas terkait kejadian rusuh di Papua. Dalam hal ini Kapolres Jakpus, Harry Kurniawan mengatakan, bahwa ciri khas masyarakat Indonesia adalah keramah-tamahan dan saling memaafkan.

“Daerah Timika Waktu itu terjadi konflik Ternyata masyarakat yang ada didaerah Konflik, baik Ambon Aceh atau Papua tidak mau ada konflik dan bertanya bagaimana konflik ini cepat berakhir karena mereka khawatir dengan keluarganya,” ujar Kapolres Harry Kurniawan mengatakan dalam kata sambutannya saat gelar silaturahmi di Hotel Oasis Amir, Jakarta Pusat, Rabu (21/08/2019)

Lanjutnya lagi, terkait hal tersebut karenanya sebenarnya lebih banyak warga papua yang menginginkan menjadi rakyat Indonesia seutuhnya.

“Mari berdoa mudah-mudahan apa yang terjadi di Papua cepat selesai dan kembali bersatu dan damai kembali,” pungkasnya.

Baca Juga:  Selama 2019, Target Produksi Perikanan Tangkap di Pacitan Tak Maksimal

Kapolres juga menjelaskan, apabila ada intimidasi khususnya di Jakarta Pusat laporkan segera kepada TNI dan Polri. “Dan kami akan selalu siap hadir untuk menjaga rasa aman semua warga negara Indonesia,” paparnya.

Senada akan hal tersebut, Dandim Letkol Inf.Wahyu mengatakan dalam kata sambutannya, bahwa Papua itu indah tempat dan warganya. Apalagi katanya, pemerintahan yang sekarang melakukan pembangunan di Papua menjadi lebih maju dan lebih indah lagi.

“Warga Papua cinta damai, kita mempunyai hak dan Kewajiban yang sama, Warga Papua bebas beraktifitas di Jakarta Pusat, karena ini rumah kita bersama,” terangnya.

Sementara itu, Feri Fernando Yensenem selaku Ketua Nelayan Se-Papua menjelaskan bahwa Ia merasa kecewa dengan semua konflik yang terjadi di Papua “Kami sesali pelaku-pelaku yang ingin memecah belah NKRI ini, karena kami ingin Papua Aman dan damai,” pungkasnya.

Banner Iklan Media Jatim

Dia pun berharap agar silaturahmi jangan hari ini saja tapi agar terus berkelanjutan, jangan ada dusta diantara kita.
Dalam hal ini, Jhon Maury putra asli dari Papua ini pun menyambut serta memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara silaturahmi Kamtibmas ini.

Baca Juga:  5 Kejanggalan Hukum Penyitaan Aset PT BRD oleh Satgas BLBI

“Terima kasih atas Inisiatif diadakanya pertemuan ini oleh Bapak Kapolres Jakarta pusat dan Bapak Dandim Jakarta pusat, kami adalah masyarakat asli Indonesia dan kita penduduk asli NKRI, kalau ada yg kurang paham dengan Pancasila tanya pada kami,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, tampak Kapolres Jakpus Kombes Pol. Harry Kurniawan, Dandim Jakpus, Let Inf. Wahyu Yudhayana, Kapolsek Senen Kompol Ewo Samono, Danramil Senen Mayor Inf. Todi Imansyah, Camat Senen dan Roni Jarpiko Mewakili Walikota Jakpus.

Selain itu hadir Ketua Perintis PKRI Provinsi Papua dan Papua barat, serta kepala suku Adat, Tokoh Intelektual Stevanus Wetipo, Feri Fernando Yensenem Ketua Nelayan Se Papua dan Jhon Maury, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Kenari Aiptu Wardi Jien, SH serta Aiptu Adrian yang membantu menkoordinasi serta mengundang beberapa warga papua, untuk hadir di acara silaturahmi kamtibmas ini.

Reporter: Ist

Redaktur: Zul