oleh

Ketua DEMA UINSA dalami Jurnal Ekonomi Islam di IIUM Institute of Islamic Banking and Finance IIiBF

MediaJatim.com – Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi delegasi Student Mobility Program yang di inisiasi oleh Kementerian Agama RI. Kegiatan tersebut di Lakukan di tiga Negara dan empat kampus pilihan Kementerian Agama RI untuk mendiskusikan Moderasi Beragama serta Ekonomi Islam.

Dalam kegiatan tersebut diisi dengan Forum Grup Discussion (FGD), tukar pendapat dan presentasi esai ataupun jurnal dari Delegasi Kementerian agama maupun tuan rumah Kampus yang ada di Singapore, Malaysia dan Thailand.

Salah satu kampus yang menjadi kunjungan ilmiah dalam acara Student Mobility Program adalah IIUM (International Islamic University of Malaysia), Deputi Rektor IIUM Assoc. Prof. Zulkifli Hasan mengapresiasi dan berterima kasih kepada delegasi Kementerian Agama RI yang telah memilih IIUM sebagai tujuan program Student Mobility Program. Zulkifli menegaskan Indonesia berpotensi menjadi pelaku sekaligus pasar ekonomi Islam (economis finance), karena sumber daya manusianya yang melimpah dan jumlah penduduk muslim yang besar.

Baca Juga:  IAIN Madura dan MTsN 3 Pamekasan Bersinergi Kembangkan Literasi Arab

Dalam forum Kuliah Umum tersebut Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa sekaligus Koordinator Pusat DEMA PTKIN Se Indonesia Onky Fachrur Rozie merespond baik diskusi dan sambutan Deputi Rektor IIUM. Onky mengatakan bahwa ia salut dengan perkembangan perekonomian Singapore dan Malaysia khususnya di sektor ekonomi Islam, keuangan Islam dan perbankan syariah-nya.

“Terimakasih pada segenap jajaran pimpinan dan profesor IIUM yang telah memberikan sambutan yang luar biasa bagi kami, di forum ini kami harus mengakui kemajuan perekonomian Singapore dan Malaysia, tentu itu tak lepas dari campur tangan para Profesor dan Alumni IIUM yang berkonsentrasi dibilang Ekonomi Islam,” ujar Onky Fachrur Rozie.

Selain itu Ketua DEMA UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut melontarkan pertanyaan terkait perkembangan ekonomi Islam yang ada di Luar Negeri Khususnya di Malaysia.

Baca Juga:  Sejarah Panjang Menjadi Alasan Djanur Pilih Besut Persebaya

“Bagaimana Malaysia bisa bersaing dalam kemajuan Keuangan/perbankan syariah? Ditengah persaingan Globalisasi Ekonomi yang sangat ketat,” tanya Onky Mahasiswa FEBI UINSA tersebut.

Pertanyaan tersebut langsung direspon oleh Deputi Rektor IIUM Assoc. Prof. Zulkifli Hasan, bahwa Ekonomi, Keuangan dan Perbankan islam di Malaysia bisa maju karena kita Istiqomah dalam mengimplementasikan nya tentu juga dengan penuh kesadaran untuk mensejahterakan Masyarakat.

Diskusi ditutup dengan closing statment Ketua DEMA UINSA bahwa ia tertarik untuk melanjutkan Studi Ekonomi Syariah S2 nya di IIUM IIiBF. “I can, I Hope continue to study here,” ucap Onky disambut tepuk tangan seluruh peserta dalam ruangan Senate IIUM.

Reporter: Agus Supriadi

Redaktur: Sulaiman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *