oleh

H Badri: Jember Bisa Bangkit dengan Pariwisata

MediaJatim.com, Jember – Sektor pariwisata merupakan sumber pundi-pundi uang bagi Kabupaten Jember. Ada banyak destinasi wisata di kota suwar-suwir ini, misalnya Papuma, Pantai Bande Alit, dan Pantai Watu Ulo. Bahkan Papuma sudah terkenal di macanegara. Cuma sayangnya, potensi wisata yang begitu mempesona itu belum dikelola dengan sungguh-sungguh.

“Padahal itu adalah kekayaan Jember yang begitu berharga,” ucap H Badri Hamidi saat menyampaikan visi misi Bakal Calon Bupati Jember dalam Rapat Pimpinan Cabang Khusus DPC PPP Kabupaten Jember di hotel Bintang Mulia, Ahad (12/1).

Baca Juga:  Nico: Kader NasDem Harus Punya ‘Sense of Crisis’

Menurut pengusaha tambang batu bara itu selama ini sektor parawisata kurang digarap secara maksimal oleh Pemkab Jember. Terkesan dibiarkan begitu saja, apa adanya. Padahal jika dikembangkan dengan konsep modern, tentu akan menyedot pengunjung lebih banyak. Dan pengaruhnya dari sisi ekonomi juga dahsyat. Jember akhirnya bisa bangkit.

“Jadi untuk melihat pengaruh ekonomi sebuah lokasi pariwisata, jangan cuma dilihat banyaknya pengunjung di lokasi tersebut, namun lihat multiplayer efek yang ditimbulkan. Jadi ketika sebuah lokasi pariwisata sudah berkembang, maka di situ ada manusia, ada pekerja, ada makanan minuman, ada transportasi , pengiapan, dan sebagainya. Besar sekali manfaatnya,” urai H Badri.

Baca Juga:  Dikonfirmasi Terkait Balon Bupati, Ketua DPRD Pacitan: Ada-ada Saja

Alumnus Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Asembagus, Situbondo itu menambahkan bahwa modernitas harus dilakukan dalam pengembangan sektor pariwisata, namun jangan sampai mengabaikan unsur kearifan lokal.

“Modernitas diperlukan, kearifan lokal tidak boleh ditinggalkan, justru itu mempunyai daya tarik tersendiri,” pungkansya.

H Badri juga memastikan tak akan mengambil gaji sebagai bupati jika Allah kelak mentadirkan dirinya berada di posisi tersebut.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: A6