oleh

Mahasiswa UMM Ajari Anak-anak Desa Baca Tulis Al Qur’an

MediaJatim.com, Malang – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuktikan dirinya mampu di segala bidang, termasuk dalam hal keagamaan seperti kemampuan mengajarkan baca tulis Al-Qur’an yang dilakukan mahasiswa KKN kelompok 15 di Masjid Al-Ikhlas dan Pesantren Al-Amin, Desa Kromengan, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang ini, Kamis (16/01/2019).

Kegiatan edukatif ini bertujuan untuk membantu anak-anak desa setempat agar fasih membaca Al-Qur’an dan pandai menulis ayat-ayat Al-Qur’an sesuai tajwid.

Ketua Divisi Keagamaan, Ilham Priambudi menuturkan, anak-anak yang mengaji di masjid Al-Ikhlas maupun santri di Pesantren Al-Amin sangat antusias dalam menerima arahan kakak-kakak KKN 15 ini.

Baca Juga:  Mengaku Sudah Direkom, Tapi Camat Panji Tolak Tunjukkan RAB dan RKPDes Curah Jeruh

“Pengajaran BTQ yang terlaksana hari ini sangatlah menarik bagi adik-adik karena jarang-jarang ada tutor seperti ini hingga mereka menyambutnya dengan sangat antusias,” ujarnya.

Sebelumnya, beber mahasiswa yang akrab disapa Ilham tersebut, pengelola Masjid Al-Ikhlas maupun Pesantren Al-Amin masih kekurangan tenaga kerja dalam mengajar. Ia bersyukur dapat membantu membimbing anak-anak di desa setempat. Anak-anak yang diajari berjumlah sekira 50 orang terdiri dari usia SD hingga SMP di Masjid Al-Ikhlas. Sedangkan 74 santri di Pesantren Al-Amin.

Koordinator Desa, M. Rudi mengatakan, anak-anak dan santri mulai akrab dengan seluruh anggota KKN kelompok 15 UMM yang dikomandaninya. “Adik-adik di sini mulai akrab dengan kami, kami bersyukur akan hal ini,” terangnya.

Baca Juga:  Mahasiswa UMM Amalkan Gerakan Al-Ma'un di Lokasi KKN

Bahkan setelah pengajaran selesai pada saat maghrib pun, jelasnya, banyak anak-anak yang berkunjung ke posko KKN untuk bertanya-tanya tentang pelajaran.

“Kegiatan ini kami laksanakan di dua lembaga dan seluruhnya alhamdulillah berjalan dengan lancar. InsyaAllah, kegiatan ini akan dilakukan 4 kali pertemuan dalam satu minggunya,” pungkas mahasiswa semester 7 itu.

Reporter: Gafur

Redaktur: Zul