oleh

Mendes PDTT Janjikan Sejumlah Desa di Pacitan Yang Alami ‘Blank Spot’ Segera Tersentuh Sinyal

MediaJatim.com, Pacitan – Sejumlah desa di Kabupaten Pacitan yang mengalami masalah “blank spot” atau area yang tidak terjangkau sinyal, akan diupayakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dapat segera tersentuh sinyal.

Hal itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, saat berkunjung ke kota kelahiran Presiden RI ke-6, Kamis (16/01/2020).

Halim mengatakan, setelah smart village dideklarasikan oleh Bupati Pacitan, pihaknya sangat berterimakasih. Namun, salah satu kunci smart village adalah tidak boleh ada blank spot.

“Itulah makanya, kita akan terus lakukan percepatan kepada enam desa (di Pacitan) ini, meskipun katanya tadi lebih dari itu. Untuk segera bisa menutup ‘blank spot’ itu agar semua bersinyal,” katanya, di Balai Desa Sirnoboyo, seusai sarasehan bersama kepala desa dan sejumlah perangkat desa yang ada di Pacitan, Kamis sore.

Baca Juga:  H Badri: Peran Santri Sungguh Menakjubkan

Menurut Halim, hal itu sangat penting karena, sebuah keniscayaan ke depan Dana Desa (DD) tidak lagi tunai, dan dinilainya akan meringankan kerja kepala desa, bahkan disebutnya tidak akan ada masalah jika DD non tunai.

Ia mencontohkan, sekarang DD tidak lagi masuk ke daerah, tetapi dari rekening negara langsung masuk ke rekening desa, dan administrasi tetap berada di kabupaten. Kemudian, dari desa ke pengguna, untuk kebutuhan pembangunan dan sebagainya, juga diupayakan non tunai. Untuk itu, maka dibutuhkan sinyal.

“Kalau semua ada jejak digitalnya, tidak akan ada masalah yang terlalu rumit dalam penggunaan Dana Desa dan transparansi akan tinggi. Itulah makanya, keberadaan sinyal di desa adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa ditunda-tunda,” terangnya.

Baca Juga:  NasDem Bantah Dukung Kholilurrahman, Ini Penjelasannya

Pria kelahiran Jombang 58 tahun silam ini menambahkan, jurus nyata yang akan dilakukannya guna mewujudkan hal tersebut yakni, menindaklanjuti atas kerjasama dengan lembaga terkait yang telah dibentuknya.

“Jurus riilnya Kominfo dan Telkom. Kita sudah punya kerjasama, tinggal menindaklanjuti kerjasama itu dan menentukan titik mana. Lha salah satu prioritas adalah Pacitan,” imbuhnya.

Reporter: Sigit

Redaktur: Sulaiman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *