oleh

Dampak Perpres Nomor 80 Tahun 2019, Deputi IV Kemenko RI Kunjungi Pacitan

MediaJatim.com, Pacitan – Guna mendorong percepatan pelaksanaan pembangunan ekonomi di sejumlah wilayah di Jawa Timur, Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Wahyu Utomo, berkunjung ke Kabupaten Pacitan.

Kedatangannya di kota kelahiran Presiden RI ke 6 ini, tidak lain untuk melihat kesiapan daerah dalam rangka mendukung Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019, tentang percepatan pembangunan ekonomi.

Wahyu mengatakan, dalam perpres itu sudah terprogamkan project-project yang nantinya diharapkan bisa didukung oleh semua kementerian juga swasta, agar segera bisa direalisasikan. Dan tentunya, sesuai harapan dari perpres tersebut adalah memberikan dampak positif terhadap perekonomian di daerah, regional maupun nasional.

“Jadi kunjungan ini, ingin mencoba melihat dan memastikan kesiapan daerah dalam mendukung Perpres Nomor 80/2019. Dan Pak Bupati telah mendukung progam-progam yang telah ditetapkan oleh Pak Presiden,” katanya, di Geopark Pancer Door Pacitan, Sabtu (18/01/2020).

Baca Juga:  Agar Dijauhkan dari Bencana, Pemkab Pacitan Gelar Istighosah

Disoal terkait dampak (positif) untuk Pacitan dari progam-progam tersebut. Wahyu mengatakan bahwa, tidak sedikit progam-progam yang telah disampaikan oleh Bupati Pacitan, sehingga masuk dalam lampiran Perpres Nomor 80/2019, seperti Pelabuhan Gelon dan Geopark Gunung Sewu Pacitan.

“Ini tinggal kita mendetailkan untuk menyusun rencana aksi, yang sudah menjadi kesepakatan bersama, baik dari pemerintah pusat maupun daerah. Dan kita juga akan mengajak dunia investor untuk melihat apa saja yang bisa di bangun khususnya di Pacitan,” jelas Wahyu.

Untuk aksi, lanjutnya, pihaknya belum mengetahui kapan pastinya. Hal ini karena ia masih akan melihat bagaimana kesiapan daerah-daerah dan kembali akan duduk bersama.

Baca Juga:  Untuk Para Jomblo, Ayo Ikuti Cari Jodoh Gratis

“Minggu kemarin kita sudah bicara di level provinsi. Daerah mana yang sudah siap, benar-benar kita dorong dan yang misal belum siap ayo bersama-sama kita bantu, pusat bisa lakukan apa dan daerah bisa lakukan apa. Kita juga ingin investasi masuk, baik dari luar negeri maupun investor dalam negeri sendiri,” imbuhnya.

Terkait kesiapan Pacitan dari dampak percepatan pembangunan tersebut, Bupati Pacitan Indartato mengatakan, akan segera menganalisa dan juga akan menghitung berbagai dampak dari hal tersebut.

“Oleh karena itu, teman-teman di bawah Pak Sekda saya mohon bisa mengantisipasi hal itu dan hasilnya nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Sigit

Redaktur: Sulaiman