oleh

HUT Satpam Ke- 39 di Pacitan, Ini Pesan Kapolri

MediaJatim.com, Pacitan – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-39, Kepolisian Resort (Polres) Pacitan menggelar upacara di Halaman Mapolres Pacitan, Rabu (22/01/2020).

Kapolres Pacitan, AKBP Didik Hariyanto saat membacakan sambutan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis menyampaikan, sejak dibentuk 39 tahun lalu, oleh Kapolri pada masa Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, menyadari bahwa kebutuhan akan rasa aman tidak bisa diemban oleh Polri semata.

Namun, Satpam yang terdiri dari petugas-petugas terlatih dan terampil ini juga memiliki peran sangat penting dalam menjaga sentra-sentra perekonomian, sekolah, rumah sakit, tempat-tempat pelayanan masyarakat, hingga instansi pemerintah, dan sebagai mitra kerja terdekat bagi Polri dalam memelihara keamanan serta ketertiban.

Baca Juga:  Pemkab Pacitan Anggarkan 1,5 M untuk Lanjutkan Pembangunan Tanggul di Desa Kembang

Di HUT Satpam ini, lanjutnya, Kapolri menyampaikan beberapa pesan diantaranya, untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keimanan untuk menunjang tugas di wilayah masing-masing, kemudian meningkatkan kewaspadaan dalam setiap menghadapi gangguan maupun hambatan di wilayahnya.

“Selain itu, tingkatkan kerjasama dengan TNI – Polri serta stakeholder di wilayah untuk mengantisipasi berkembangnya gangguan keamanan, ketertiban di masyarakat, dan diharapkan senantiasa meningkatkan kompetensi diri baik melalui pendidikan dan latihan,” ujar Kapolres, selaku inspektur upacara.

Tak hanya itu, Satpam juga diminta untuk membangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, dan meningkatkan kerjasama sinergis dengan jajaran Polri dan seluruh stakeholders dalam memelihara stabilitas keamanan di lingkungan kerja.

Baca Juga:  8 Pendekar Pacitan Siap Ramaikan Festival Pencak Silat Nusantara ke- II

“Momentum Hari jadi Satpam ke-39, juga dapat menjadi evaluasi kinerja, sekaligus sebagai refleksi profesi yang mulia tersebut. Untuk itu, harus terus ditingkatkan kemampuannya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, upacara itu dihadiri oleh Bupati Pacitan, Dandim 0801 Pacitan, Kapolres Pacitan, Anggota DPRD Pacitan, Kemenag Pacitan, Ditjen Perhubungan Darat Wilayah Pacitan serta pimpinan dan perwakilan perusahaan di Kabupaten Pacitan.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul