oleh

GP Ansor Kadur Dorong dan Fasilitasi Pembentukan Remas

MediaJatim.com, Pamekasan – Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kadur Kabupaten Pamekasan tampak peduli terhadap pentingnya remaja masjid. Organisasi yang dipimpin Hairul Anam tersebut memfasilitasi pembentukan 104 Remas Al-Muhtadin, Sokalelah, Kadur, Pamekasan, Jumat (2/3) malam. Pembentukan tersebut digagas oleh Wakil Ketua GP Ansor Kadur, Ra Husnan Jauhari sekaligus ditempatkan di kediamannya.

Menurut Ra Husnan, latar belakang dibentuknya Remas Al-Muhtadin ialah agar para remaja desa yang masih perlu bimbingan keagamaan bisa dinaungi oleh NU.

Baca Juga:  Banser dan GP Ansor Larangan Resmi Dilantik

“Proses pembentukan ini sekitar 1,5 bulan. Saya bersama teman-teman Ansor bersilaturrahmi ke rumah-rumah masyarakat untuk membicarakan rencana membuat wadah organisasi bagi para remaja. Dan alhamdulillah, masyarakat menanggapi dengan baik,” tutur Husnan kepada NU Online yang dihubungi Sabtu (3/3) pagi.

Tidak hanya itu, lanjutnya, pendekatan kepada masyarakat tersebut dinilai kurang utuh tanpa sowan kepada para tokoh NU yang ada di Pamekasan.

“Saya juga konsultasi dengan para tokoh NU. Dan mereka banyak memberikan masukan terkait bagaimana membina sekaligus menggerakkan Remas,” kata Husnan.

Sebagai rencana jangka panjang, nantinya Husnan akan menyeleksi siapa saja yang serius berorganisasi di Remas Al-Muhtadin.

Baca Juga:  Cak Muslim: Muscab IAA Tidak Ada Kepentingan Politik

“Mereka yang serius, pasti saya masukkan di kepengurusan Ansor di kecamatan ini,” tegasnya.

Dari pembentukan yang dihadiri pengurus ranting NU Sukalelah tersebut, Husnan berharap agar para remaja di desanya mampu menjaga dan mengembangkan masjid demi kemajuan Islam.

Husnan juga mengagendakan agar dalam penyusunan program kerja Remas Al-Muhtadin juga dimasukkan hal-hal yang berbau olahraga, seni, dan sebagainya.

“Dengan begitu, ragam potensi remaja desa ini dapat terwadahi dan berkembangan sebagaimana harapan bersama,” tandasnya.

Reporter: Imam Syafi’i

Redaktur: Sulaiman