oleh

PKB Kucurkan Bantuan Rp1 M, Ini Komentar Ketua PCNU Pamekasan

MEDIAJATIM.COM, Pamekasan – Usai melantik pengurus DPC, DPAC, DPRt, Banom, dan Lembaga PKB se Kabupaten Pamekasan, Muhaimin Iskandar secara resmi mengucurkan bantuan Rp1 miliar buat warga nahdliyin. Itu diketengahkan di tengah-tengah pelantikan di Gedung Islamic Center, Senin (27/3).

Ketua Umum PKB tersebut menegaskan, bantuan tersebut untuk pembangunan kantor PCNU Kabupaten Pamekasan. Sebab, kata Muhaimin, kelahiran PKB tidak dapat dilepaskan dari keberadaan Nahdlatul Ulama (NU).

Bantuan tersebut mendapat respon positif dari Ketua PCNU Pamekasan, KH Taufiq Hasyim. Menurutnya, bantuan tersebut tidak ada kaitannya dengan pemilu.

Baca Juga:  Harlah NU di Latee, Bangkitkan Gairah Ke-NU-an

“Itu akan digunakan untuk kantor PCNU,  namun sifatnya tidak mengikat. Ini murni bantuan,” tegas pengasuh Pesantren Sumber Anom, Palengaan, Pamekasan tersebut.

Ditambahkan, PCNU tidak terikat untuk dukung-mendukung dalam konstelasi politik. Itu sesuai dengan AD-ART bahwa NU kembali ke khittah; NU bukan partai politik dan bukan pendukung partai politik.

“Tapi NU adalah organisasi kemasyarakatan (ormas). Dipersilahkan bagi warga NU untuk berjuang dan berkiprah di partai politik manapun. Terpenting tidak mmbawa-bawa nama NU,” tegas Kiai Taufiq.

Dan partai politik yang mesti dipilih warga NU, tambahnya, adalah partai yang garis perjuangnnya tidak bertentangan dengan NU dan NKRI. (*)

Baca Juga:  H Badri: Politik Sarana Efektif Bantu Umat