Peringati Harlah, GP Ansor Sumenep Cetak Kader Cyber Media

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM, Sumenep – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep dalam menyambut harlah ke-83, menggelar pelatihan Jurnalistik dan Cyber Media yang dilaksanakan di kantor Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Dungkek, Minggu siang (02/04).

Kegiatan tersebut, dilaksanakan selama satu hari dan diikuti oleh dua delegasi dari setiap PAC GP. Ansor sekabupaten Sumenep.

Sedangkan materi jurnalistik yang disampaikan ada tujuh, meliputi sejarah jurnalistik, pengertian jurnalistik, unsur-unsur jurrnalistik, macam-macam penulisan berita, cara menulis berita dan kode etik jurnalistik.

Ketujuh materi tersebut, dikupas tuntas oleh tim Instruktur PC GP Ansor Sumenep yaitu, Ainul Horri, A Qusyairi Nurullah, Rusydiyono, Abd. Muksit,  Suryadi dan Adi Pornomo. Dengan alokasi waktu dua jam, selebihnya  penekanan terhadap praktek membuat berita.

Baca Juga:  Gelar Kirab Goceng Kongres, PMII Jawa Timur Galang Dana di Pacitan

Dilaksanakan pelatihan jurnalistik itu, untuk mengagas kader Gerakan Pemuda (GP) Ansor menjadi seorang jurnalis. Selain itu juga, hasil ouput pelatihan tersebut, bisa berkontribusi menulis di media yang dibuat oleh PC GP. Ansor Sumenep.

Abd. Wajid Muslim, selaku ketua panitia hari ulang tahun (harlah) Pimpinan Cabang (PC) Ansor Sumenep mengatakan, tujuan dilaksanakan pelatihan jurnalistik untuk menggagas kader GP Ansor menjadi seorang jurnalis.

“Maraknya informasi media yang beredar mayoritas dibuat oleh orang-orang di luar NU. Sehingga, berita yang diviralkan pasti tidak lepas dari kepentingan mereka,” ungkapnya.

Baca Juga:  GP Ansor Apresiasi Bupati Pamekasan dalam Tangani Covid-19

Selanjutnya hal senada juga disampaikan oleh M Muhri selaku ketua  Pimpinan Cabang (PC) Ansor Sumenep, warga NU sekarang masih tergolong lemah dalam mengoprasikan IT.

“Kader Ansor setelah mengikuti pelatihan ini, bisa mempublikasikan setiap kegiatan di media,” tukasnya. (zainal arifin)

  • Bagikan
WhatsApp chat