Bimtek Siskeudes, Mantapkan Tata Kelola Keuangan Rembang

MEDIAJATIM.COM, Pasuruan-Siskeudes berlangsung sukses di Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Acara tersebut dilangsungkan guna pemantapan pemahaman aplikasi siskeudes dalam administrasi desa, Kamis-Jumat (6-7/4).

Pematerinya dari Operator DPMD Kabupaten Pasuruan, Operator Desa seKecamatan Rembang, PD Rembang, dan Perwakilan PLD.

Acara yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Rembang tersebut, bertujuan untuk lebih memahamkan operator dalam pengisian operasional pendapatan desa di Kecamatan Rembang serta pembuatan APBDes di Siskeudes.

Melalui pelatihan tersebut, diharapkan operator atau bendahara bisa secara bertahap belajar melaksanakan tata kelola keuangan desa secara efektif dan efisien.

Baca Juga:  LF Annuqayah Gelar Olimpiade Falakiyah

“Manfaat itu yang harus kita capai dalam pelaksanaan bimtek ini, menuju pengelolaan keuangan desa yang lebih baik, bersih, dan transparan. Serta, memberikan kepastian fungsi kepada perangkat desa, khususnya perangkat desa yang mengegola keuangan desa,” papar Kang Adi, salah seorang pendamping desa yang jadi pemateri.

Sementara itu, DPMD Pasuruan Taufik menegaskan, bimtek tersebut dimaksudkan agar para bendahara atau operator mampu menerapkan program tersebut dalam melakukan perencanaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban atas penggunaan dana desa.

Terpisah, Camat Rembang Pak Iyo Ashari menegaskan, pelatihan Siskeudes ini atas inisiatif pendamping desa yg selalu melakukan pendampingan di desa se Kecamatan Rembang. Pihaknya mengaju salut dengan pendamping desa baik PD maupun PLD sekarang karena selalu sabar dan telaten mendampingi dan membina administrasi tata kelola keuangan desa di kecamatan Rembang.

Baca Juga:  HUT Ke-12 BAROXZ; Patungan Demi Aksi Kemanusiaan

“Semoga selalu bisa bersinergi dengan baik,” tukasnya. (*)

 

 

WhatsApp chat