Mahasiswa Santri Se-Indonesia Bersatu di Madura

MEDIAJATIM.COM, Sumenep – Ratusan presiden mahasiswa (presma) berkumpul di Pesantren Al-Amien, Pragaan, Sumenep, Kamis-Sabtu (6-8/4). Mereka berasal dari pesantren seluruh Indonesia.

“Semua mahasiswa santri yang jadi presma dari kampus di bawah naungan pesantren se-Indonesia, sengaja berkumpul di sini. Tujuannya, menguatkan solidaritas,” ujar Khoirus Salim, Presma STIA Al-Falah yang terlibat aktif dalam pertemuan tersebut.

Pemuda yang akrab dipanggil Eros ini menambahkan, acara tersebut diketengahkan guna mencuatkan kembali betapa pesantren merupakan gudangnya ilmu. Fakta tersebut sedikit banyak mulai pudar dalam keseharian pemuda.

Baca Juga:  IAA Cabang Jember Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

“Kebanyakan pemuda bangga bila kuliah ke luar negeri. Padahal, pesantren adalah gudangnya ilmu. Kita komitmen untuk kembali mengkristalkan pemahaman tersebut,” terangnya.

Dalam acara tersebut, kelemahan dan kelebihan mahasiswa santri dari berbagai daerah didiskusikan. Semuanya diselaraskan dengan kearifan lokal masing-masing.

“Untuk kelemahannya, kita upayakan untuk meretas solusi. Sementara kelebihannya, kita perkuat dan syiarkan,” tandasnya. (*)

WhatsApp chat