MSFC DISPLAY WEB

Pembangunan Dam Mini Sentol Daya Picu Longsor

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM, Sumenep-Hujan lebat mengakibatkan tebing longsor dekat jembatan di Dusun Sabidak, Desa Sentol Daya, Pragaan, Sumenep, Sabtu.(8/4). Sehingga, jalan jadi sempit dan memicu kemacetan.

Rupanya, longsor tersebut tak hanya dipicu hujan deras. Tapi, juga karena adanya pembangunan dam mini yang membuat pengeluaran air dari tanggul dam mini langsung menjurus ke arah tebing dekat jempatan.

“Akibat arus air sungai yang menjurus langsung lambat laun mengeruk dasar tebing tersebut,” ungkap Jauhari salah satu warga setempat saat disambangi ke rumahnya, Sabtu (08/04).

Menurut Jauhari, tebing yang longsor di tempat yang sama sudah pernah terjadi sebelumnya. Yakni, terjadi kurang lebih sebelum menjelang Idul Fitri tahun lalu. Tapi, perbaikan sebelumnya dilakukan dari hasil dana swadaya masyarakat setempat.

Baca Juga:  DPRD Bangkalan Umumkan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Periode 2018-2023

“Selain dana dari swadaya masyarakat setempat, juga dari talangan dana masyarakat di luar Desa Sentol Daya. Lebih-lebih dari masyarakat yang biasa melawati jalan tersebut,” tuturnya.

Lebih lanjut Jauhari mengatakan, sehubungan tebing yang longsor keduakalinya dekat jempatan, sudah dikonfirmasikan kepada kepala desa sentol daya. Tapi, selama ini masih belum ada tindakan nyata.

“Saya mendapat informasi tindak lanjut perbaikan tebing yang longsor sudah masuk perancananan Musyawarah Pemabangun Desa (Musrembandes),” terangnya.

Abduh selaku Pit Kepala Dusun Langgar Sabidak mengatakan, dirinya sudah memberitahukan kepada Kades Desa Sentol tentang tebing yang longsor di kawasan daerahnya.

Baca Juga:  Memanfaatkan Karunia Allah adalah Wujud Syukur Kepada-Nya

“Setelah saya memberitahu sampai sekarang rencana tidak lanjutnya tidak tahu,” ungkap Abduh. (Zainal Arifin)

Banner Iklan Media Jatim