Program Kemanusiaan Desa Sentol Daya Jadi Percontohan

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM, Sumenep-Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) Desa Siaga  Desa Sentol Daya, Pragaan, Sumenep menggelar bakti sosial donor darah di balai desa setempat, Kamis (13/4). Pada kesempatan itu, turut hadir Camat Pragaan, Babinsa desa Sentol Daya, Kepala  Desa, Kepala Desa, Ketua BPD, dan aparat desa yang lain.

“Saya sangat mengapresiasi program baksos donor darah yang diselenggarakan oleh Ponkesdes Desa Siaga Desa Sentol Daya. Program ini merupakan upaya program kemanusiaan karena setetes darah bisa menyelamatkan jiwa seseorang,” ujar Camat Pragaan Sujarno.

Menurutnya, baksos donor darah ini merupakan partisipasi atau peran Bidan Desa Sentol Daya, tokoh-tokoh desa, dan masyarakatnya secara swadaya. Begitupun Kepala desa Sentol Daya sangat antusias sekali. Bahwan, ia bersemangat mengumpulkan warganya agar bersedia untuk donor darah.

Baca Juga:  Ketum Siti Jenar Sesalkan SE DPMD Situbondo Soal Pemotongan ADD

Camat Sujarno mengatakan, selama ini satu-satunya desa sekacamatan yang melakukan program baksos donor darah masih desa Sentol Daya. Dari desa lain belum ada masukan kepada dirinyanya. Bahkan, pada tahun 2016  desa Sentol Daya tahun 2016 juga sudah melakukan program yang sama.

“Tapi, nanti kami akan menspon desa lain agar mencontoh desa Sentol Daya. Sehingga, mereka juga melakukan gegiatan baksos donor darah,” jelasnya Sujarno.

Moh. Ali Wafa selaku kepala desa Sentol daya mengatakan, dirinya akan selalu mendukung segala kegiatan-kegiatan di desa Sentol daya yang sifatnya penting. Seperti kegiatan Baksos donor dayah yang diselenggarakan oleh Ponkesdea desa siaga desa Sentol Daya.

Baca Juga:  Jual Tuak, Warga Muncar Ini Bakal Terjerat Pasal 204 KUHP

“Kegiatan yang bersifat membangun salah satu bentuk ujud desa yang aktif,” ujar Ali.

Sedangkan agenda Baksos donor darah Ponkesdes desa siaga desa sentol daya

Satu tahun dua kali. Pelaksanaannya pertangan tahun dan akhir tahun. Jumlah peserta untuk pelaksanaan pada kali ini 85 orang.

Moh. Rafiq selaku ketua pelaksana menambahkan, peserta pendonor melibatkan dari unsur PKK, aparat Kecamatan, pegawai pukesmas, masyarakat biasa, tokoh Agama dan pemuda desa Sentol Daya. (Zainal Arifin)

  • Bagikan
WhatsApp chat