oleh

Ini Alasan Pentingnya Ansor Cup Kadur Digelar

MediaJatim.com, Pamekasan-Turnamen bola kasti Ansor Cup 2017 yang digelar GP Ansor Kadur Pamekasan, mendapat sambutan positif dari banyak kalangan. Mulai dari tokoh NU, petinggi Muspika Kadur, para tokoh masyarakat, kepala desa, para kiai, dan para pemuda.

Ansor Cup dilaksanakan di Lapangan Desa Gagah, Kadur. Turnamen tersebut bakal berlangsung sejak tanggal 18 sampai 26 April 2017.

Ketua GP Ansor Kadur Hairul Anam menegaskan, terdapat beberapa alasan Ansor Cup 2017 penting digelar. Berikut hasil wawancara Media Jatim dengan Anam yang disarikan dalam bentuk narasi:

“Sudah menjadi rahasia umum, peredaran narkoba telah merambah ke lingkungan pemuda. Para pemuda di Kecamatan Kadur pun tidak terjamin aman dari barang haram tersebut. Apalagi, di daerah ini terdapat komunitas geng motor dan geng-geng lainnya yang kegiatannya lebih mengarah pada tindak negatif.

Baca Juga:  Sikap Bijak Kapolsek Kadur Dinginkan Potensi Ricuh Ansor Cup

Komunitas tersebut sangat mudah disusupi oleh bandar narkoba. Minimnya kegiatan positif yang merangsang minat pemuda, membuat mereka mudah tergoda mengonsumsi narkoba. Karena sudah punya wadah geng, tidak menutup kemungkinan pola konsumsi narkoba dan minuman keras dilakukan secara jamaah.

Meski begitu, masih terdapat kalangan pemuda di Kecamatan Kadur yang peduli dengan masa depan diri, bangsa, dan negara. Mereka tidak mudah tergoda narkoba dan mencoba berpartisipasi memeranginya dengan jalan yang positif.

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kadur merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang berkomitmen tinggi pada sikap dan kegiatan positif. Salah satu langkah yang ditempuh ialah dengan menghidupkan persaingan positif di internal pemuda lewat olahraga berbasis kearifan lokal.

Baca Juga:  Pilgub, GP Ansor Pamekasan Pastikan Netral

Olahraga tersebut yang lagi musimnya saat ini ialah tembhung (kasti). Olahraga ini tak hanya disukai kalangan pemuda, tapi juga mampu meretas hobi dari lintas usia. Sehingga, GP Ansor Kadur memandang turnamen kasti cukup efektif  dan efesien untuk sosialisasi aktif bahaya narkoba.

GP Ansor Kadur memandang efektif dan efesien sosialisasi bahaya narkoba lewat kasti, karena anak-anak dan orangtua pasti hadir menonton turnamen tersebut. Di sela-sela itulah, alam bawah sadar mereka sangat baik dirasuki pemahaman bahayanya narkoba.

Dari penjabaran di atas, GP Ansor Kadur mengagendakan turnamen kasti Ansor Cup 2017. Sasarannya ialah para pemuda dari 10 desa yang terdapat di Kecamatan Kadur. Tentu tekad GP Ansor Kadur perlu disupport oleh semua kalangan.” (Imam Syafii)