Kontes Sapi Sonok di Pasean Sunting Kesenian Madura

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM, Pamekasan – Acara kontes Sapi Sonok se pantura yang dilaksanakan rupanya menyuntinhg perhatian masyarakat. Acara yang bertempat di Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean tersebut diikuti pegiat sapi dari luar daerah, Selasa (25/4/2017)

Sebelum acara pembukaan dimulai, diisi dengan tarian kebanggaan masyarakat Madura yaitu tarian Topeng. Acara kontes sapi sonok kali ini diikuti sekitar 60 pasang sapi sonok yang berasal dari dua kabupaten, yakni Kabupaten Pamekasan dan Sumenep bagian wilayah pantura

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pamekasan Achmad Syaifuddin melalui Kasi Jasa Usaha Pariwisata Hadi Mulyono mengatakan cukup mendukung dengan digelarnya acara yang menjadi kebanggan masyarakat Madura tersebut

Baca Juga:  Kapolres Sumenep: Diduga Rudal Milik Rusia

“Kami harap pelaksanaan kontes sapi sonok ini berjalan lancar. Karena ini merupakan budaya kebanggaan Madura yang perlu kita lestarikan,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kades Dempo Barat Joko Pranoto selaku ketua Paguyupan Kompas Desa Dempo Barat bahwa sebetulnya acara tersebut sudah menjadi agenda tahunan, Namun untuk kali ini termasuk kegiatan lokal yang bertujuan untuk menghibur dan penyemangat bagi peternak sapi sonok.

“Jadi bagi masyarakat peternak dan penggemar sapi sonok, termasuk pembudiyanya, kontes ini merupakan ajang silaturrohmi antar pemilik sapi sonok se pantura dan hal ini termasuk pula sebagai promosi baik dari segi perawatan sapi sehingga banyak sapi sonok yang terjalual setelah mengikuti kontes sapi sonok ini,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kisah Kader di Bluto yang Hidupnya Terselamatkan Ansor

Masru’e, 50, pemilik sapi sonok mengatakan dia sangat senang dan bangga dengan kegiatan tersebut. Menurutnya sepasang sapi sono bisa mendongkrak semangat bagi pecinta sapi ternak. Selain itu bisa menambah nilai tawar harga yang mahal. (mediajatim/marul)

  • Bagikan
WhatsApp chat