oleh

PK IPNU-IPPNU Sabilul Huda Tegaskan Peran Pelajar-Mahasiswa NU

MEDIAJATIM.COM, Sumenep-Mengemban amanah dan tanggung jawab menjadi benteng putra-putri Nahdlatul Ulama (NU) merupakan tugas yang tidak mudah bagi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Sebagai badan otonom NU paling dasar, IPNU-IPPNU dituntut untuk memiliki komitmen yang tinggi serta pengembangan kaderisasi melalui manajemen organisasi yang baik.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Ganding yang mengadakan kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) di Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU Sabilul Huda, Gadu Barat, Ganding, Sumenep.

Selain menjadi tahapan kaderisasi formal, kegiatan tersebut menurut Ketua PAC IPNU Ganding Zaynollah, juga sebagai penegasan kepada para putra-putri NU, bahwasanya mengurus IPNU-IPPNU itu merupakan kewajiban kita sebagai generasi emas NU.

“Mengabdi dan mengurus IPNU-IPPNU bukan sebuah pilihan. Melainkan, sebuah keharusan bagi kita semua sebagai anaknya orang NU. Oleh sebab itu, bagi generasi muda mengurus NU melalui IPNU-IPPNU itu adalah wajib dalam menjaga generasi Nahdlatul Ulama yang lebih baik” terang Zaynollah.

Baca Juga:  Densus 26 Gelar Pelatihan Website dan Sosmed

Oleh sebab itu, lanjutnya, Makesta adalah tiket awal bagi pelajar NU untuk memulainya. Tegaskan jati diri kita mulailah sadar akan tanggung jawab kita.

“Mari berkomitmen bersama, selama darah Nahdlatul Ulama masih mengalir ditubuh ini maka selama itu pula tidak ada seorangpun yang bisa menghentikan langkah kami untuk terus mengabdi,” tutupnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini mendapat apresiasi dari ketua PC IPPNU Sumenep sebagaimana dikutip dari sambutannya.

“Jika mau melihat sistem kaderisasi dan pengembangan organisasi secara utuh di Kabupaten Sumenep maka bisa kita lihat di PAC Ganding ini, konsisten dan inovatif terhadap berbagai programnya. Salah satunya adalah MAKESTA PK Sabda ini. Meski PAC ganding baru 1 priode ini, namun sistem dan pengelolaannya sangat baik,” ujar Ketua PC IPPNU Sumenep Fadhilah.

Baca Juga:  Hampir 100 Kader Ansor Dungkek Resmi Dibaiat

Menurutnya, kader IPNU-IPPNU harus senantiasa berpegang teguh pada apa yang sampai hari ini di bawa oleh Nahdlatul Ulama, menjaga, merawat, membela dan patuh adalah kewajiban kita sebagai generasi muda demi tercapainya cita-cita para ulama dan kyai kita.

“Selain kegiatan kaderisasi formal, IPNU-IPPNU di Kabupaten Sumenep harus menggalakkan program yang bersifat kultural dan spiritual di semua tingkatan terlebih di daerah Ganding yang kabarnya hari ini melaksanakan 3 kegiatan rutinan dalam waktu bersamaan di 3 Pimpinan Komisariat berbeda. Ini bukan hal mudah. Tapi berbekal semangat, kompak dan istiqomah, kita yakin semua bisa kita lakukan,” tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung sejak hari Kamis-Sabtu 27-29 April 3017 ini di ikuti oleh 57 siswa/i Sabilul Huda serta 7 orang dari kalangan mahasiswa/i. Penutupan kegiatan ini berlangsung Khidmat yang diwarnai dengan beberapa peserta pingsan usai dibaiat oleh Tim Kaderisasi PC IPNU-IPPNU Sumenep. (Ainiyatur Rahmah)