LFNU Sumenep Gelar Diklat Falak

MEDIAJATIM.COM, Sumenep-Lembaga Falak Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Sumenep menggelar pelatihan dan pendidikan (diklat) angkatan III di kantor PCNU, Sabtu (03/6). Ketua LFNU Muhammad Husein bertindak sebagai fasilitator dengan membedah tema “Menghisab Arah, Azimut, dan Bayang Harian Kiblat”.

Acara tersebut berlangsung sehari mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sebelum penyajian dan praktik, acara tersebut dibuka dengan tahlil bersama yang dipimpin Kiai Abdus Shahar. Sementara sambutan dan pengarahan disampaikan oleh Kiai Moh. Faqih selaku konsultan LFNU Kabupaten Sumenep.

Mewakili ketua PCNU Sumenep KH Pandji Taufiq, Kiai Faqih mengatakan, pengurus NU harus bisa berkiprah dengan baik di masyarakat. Khususnya hal yang berkaitan dengan ibadah, baik dari awal shalat hingga arah kiblat.

Baca Juga:  Pemuda Ansor Larangan Siap Rawat Keberagaman

Peserta diklat tersebut berasal dari utusan puluhan MWCNU seKabupaten Sumenep, perguruan tinggi, dan pondok pesantren. Jumlahnya tidak kurang dari 63 orang.

“Ilmu falak merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang penting dimiliki oleh pelajar. Lebih-lebih bagi pelajar yang berstatus santri. Belajar ilmu falak sangat mudah asal tekun belajar dan memiliki kemauan yang tinggi,” tutur Fathorrozi, salah seorang delegasi Pesantren Annuqayah Latee sekaligus mahasiswa Instika. (Zainal Arifin)

WhatsApp chat