Suami Pembawa Kebahagiaan

Media Jatim

Peresensi: Saiful Fawait*)

Kita sebagai umat Nabi Muhammad sangat dianjurkan untuk melaksanakan beberapa ajaran dan sunnahnya, di antaranya beberapa sunnah tesebut ada yang sangat sederhana namun sarat dengan kenikmatan dan kebahagiaan, yaitu pernikahan. Dalam sebuah ikatan suci tersebut kita akan disuguhi beberapa kenikmatan dan keindahan, serta Allah menjamin limpahan pahala bagi pasangan yang senantiasa melaksanakan perintah dan beribadah dengan benar.

Di samping itu, Allah juga berjanji akan memudahkan dan melancarkan rezeki pasangan suami istri. Dengan kata lain, rezeki seseorang yang sudah menikah itu sudah dijamin kelancarannya oleh Allah, karena pernikahan itu merupakan pembuka atau pembawa rezeki melimpah bagi rumah tangganya. Tentu kita semua tahu bahwa janji Allah itu benar, dan Dia tidak mungkin mengingkari janji-Nya, lalu kenapa masih banyak orang yang sudah menikah tetapi rezekinya masih sempit, bahkan hidup sengsara.

Nah, di sinilah yang sangat penting untuk digarisbahawi, pasangan suami-istri yang sama-sama beriman akan dianugerahkan rezeki yang khusus atau spesial, yaitu rezeki yang halal-berkah yang membuat pelakunya mendapat ketenangan dan kebahagiaan serta semakin mendekatkan diri kepada Allah. Rezeki sedikit yang membawa ketenangan jauh lebih baik dari rezeki yang melimpah tetapi membuat seseorang semakin gelisah dan diperbudak olehnya. Singkatnya, Allah akan memberikan kehidupan yang tenang dan bahagia bagi pasangan yang beriman. Karena rezeki yang khusus diberikan kepada mereka tidak selamanya berbentuk materi, akan tetapi bisa berwujud fisik ruhaniah (ketenangan dan kebahagiaan).

Baca Juga:  Kisah Sukses Bersama Sahabat

Tidak sembarang pasangan yang bisa membuka pintu rezeki yang melimpah, hanya mereka yang memiliki karakter-karakter tertentu yang mempunyai potensi membuka pintu rezeki tersebut. Dalam buku ini dijelaskan beberapa karakter suami yang bisa menjadi pembuka atau pembawa rezeki yang khusus tersebut bagi keluarganya. Di antaranya adalah taat kepada yang Sang Pemberi Rezeki, ketaatan akan membawa pada keridhaan dan keridhaan akan membawa pada kemurahan, cinta, dan kasih sayang Allah. Dengan kata lain, hamba yang taat tidak hanya mendapatkan Rahman (Maha Pemberi/Pengasih), akan tetapi juga akan mendapat Rahim (Kasing Sayang) dari Allah, sehingga orang terkasih pasti diberi rezeki yang membawa maslahat atau bermanfaat bagi kehidupan di dunia maupun di akhirat, (hlm. 14).

Selain taat kepada Allah, yang tak kalah penting adalah sang suami harus bisa menggauli istri dengan baik. Menggauli dimaksud, melakukan hubungan dan memperlakukan istri secara baik serta tidak membuatnya merasa tersakiti, baik secara lahir maupun batin. Seorang suami harus berusaha untuk bisa mendamaikan hati sang istri, sehingga istri akan merasa senang, nyaman, dan tenteram. Sosok suami tidak hanya bertugas untuk mencari nafkah dengan cara yang baik dan benar, akan tetapi lebih dari itu seorang suami seharusnya mampu untuk memahami dan mengerti keadaan istrinya, suami harus tahu bahwa istri itu adalah manusia yang sangat perasa dan selalu memainkan perasaannya dalam menghadapi segala hal, selalu mengedepankan emosi ketimbang akal. Dengan kata lain, seorang suami sepatutnya mendidik istri itu dengan sikap yang lemah lembut dan penuh kasih sayang, sehingga hati istri itu menjadi bahagia, dan rumah tangga pun menjadi tenteram.

Baca Juga:  Solusi Pengelolaan Hutang BUMN

Kebahagiaan sang istri itu membawa keridhaan bagi setiap langkah suaminya, tak sedikit kisah nyata betapa keridhaan istri terhadap suaminya menjadi pintu pembuka rezeki yang melimpah terhadap kehidupan rumah tangganya, sebuah keluarga yang asalnya miskin kemudian berhasil dan sukses berkat doa dan keridhaan sang istri. Sehingga dapat dikatakan bahwa selain wajib mencari nafkah, sang suami juga harus mencari keridhaan istrinya, yaitu dengan cara memperlakukan istri dengan baik dan menggaulinya dengan ma’ruf, (halaman 28-29).

Selain taat kepada Allah dan menggauli istri dengan baik, di sini masih ada beberapa hal penting yang seharusnya menjadi karakter seorang suami agar rumah tangganya dianugerahkan rezeki yang melimpah oleh Allah. Buku yang ditulis oleh Agoes Noer Che tidak hanya menguraikan tentang rahasia suami yang membawa rezeki, tetapi juga terdapat penjelasan tentang rahasia-rahasia istri yang bisa melancarkan rezeki.

DATA BUKU

Judul : Rahasia Suami dan Istri Pembawa Rezeki

Penulis : Agoes Noer Che

Penerbit : Mizan Pustaka

Cetakan : 2016

ISBN : 978-602-418-128-4

Tebal : 158 halaman

*) Mahasiswa Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika), Guluk-Guluk, Sumenep.