oleh

Pelatihan Fasilitator STBM Menuju Pamekasan ODF 2017

MEDIAJATIM.COM, Pamekasan-Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan menggelar Pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), menuju Pamekasan Open Defication Free (ODF) di tahun 2017, terhitung mulai tanggal 11 – 15 Juni 2017 di Hotel Wisata Camplong Sampang.

Open Defication Free (ODF) adalah istilah untuk masyarakat yang sudah bebas dari buang air besar secara sembarang. Lewat kegiatan yang diikuti 36 Orang, delegasi dari 12 Desa di Kabupaten Pamekasan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, H. Mohammad Ismail, berharap peserta pelatihan bisa mempraktekkan dan menerapkan hasil yang diperoleh di daerahnya.

Baca Juga:  Pandemi Corona, GP Ansor Pamekasan Imbau Seluruh Kader Hentikan Agenda Sementara

“Sepulang dari pelatihan ini, saya harap peserta bisa menularkan ilmu yang diperoleh dan langsung diterapkan di daerahnya masing-masing,” ujar H. Mohammad Ismail, Senin (12/06).

Menurut data Dinas Kesehatan, dari seluruh desa yang berada di Kabupaten Pamekasan, sudah mencapai angka 88% yang tergolong Desa ODF.

“Tahun ini (2017), Bupati menargetkan Kabupaten Pamekasan sudah ODF,” tambah Ika Puspitasari, salah satu pemateri asal Surabaya.

Kegiatan ini, bekerjasama dengan Millenium Challenge Account Indonesia (MCAI) sebagai penyandang dana. (mj/sule)