Tinggalkan Keluarga, GP Ansor Kawal Mudik Lebaran

Mediajatim.com, Pasuruan – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bangil turut ambil bagian dalam mengawal kelancaran arus mudik. Mereka mendirikan posko mudik di sepanjang jalan se Cabang Bangil.

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Bangil menyiagakan Sepuluh posko mudik lebaran. Meliputi, Bangil, Beji, Gempol, Pandaan, Prigen dan Rembang. Posko sudah beroperasi sejak Jumat (23/7/2017) kemarin dan akan berdiri hingga H+1 Lebaran.

Komandan Satuan Kordinasi Cabang (Dansatkorcab) Hariono, SH. menyebutkan, di posko tersebut, pemudik bisa mendapatkan peta jalur alternatif dan pijat gratis. Harapannya, agar bisa membantu kelancaran pemudik, terutama meringankan tugas pihak kepolisian dalam mengamankan arus mudik lebaran.

“Sepuluh posko itu, rnam di antaranya murni ditangani oleh Banser. Sedangkan empat lainnya merupakan kerjasama dengan MWCNU, Ranting NU dan IPNU-IPPNU,” ujarnya.

Hariono juga menyebutkan, pendirian posko mudik lebaran tahun ini sekaligus sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Bagi Ansor Banser, tidak masalah harus melewati lebaran sementara tanpa keluarga, asalkan masyarakat bisa terbantu. Ansor berharap bisa melanjutkan pengabdian serupa di tahun mendatang.

Baca Juga:  Gelar Seminar Perdana, ALMASBIR Sukses Tarik Perhatian Pegiat Literasi Luar Negeri

Menurutnya, sampai H+1 lebaran nanti, setiap hari akan ada empat personel Barisan Ansor Serbaguna atau Banser yang bertugas di tiap posko. Dibikin dua shift agar bisa bertugas selama 24 jam.

Posko Mudik GP Ansor menyediakan informasi, tempat sholat, tempat istirahat, pijat refleksi, serta tempat penjualan pulsa.

Pimpinan Cabang GP Ansor Bangil Gus Sa’ad Muafi menyampaikan ingin melayani umat NU dan masyarakat yang mudik sebaik-baiknya. Membahagiakan orang pasti juga bagian dari ibadah. Apalagi mereka niatnya silaturahim.

“Ini bagian dari komitmen Ansor dan Banser menyampaikan Islam yang ramah dan hadir di setiap problem masyarakat. Semoga bisa berjalan lancar,” tegas Gus Sa’ad Muafi.

Baca Juga:  Maulid Nabi Warnai Penutupan PKD Ansor se-Madura

Tadi malam Panglima Banser Bangil Yai Ahmad Rifai Bangle bersama Ketua cabang Gus Muafi didampingi oleh Ketua Lesbumi, Gus Ahmad Wildan, Ketua pac ansor beji Mas Ubed, kordinator Baanar kang Zainuddin, Wakastkoryon PAC Bangil Gus Irham Afif berserta Ketua PAC Ansor Bangil Kang Adi berkeliling untuk memantau perkembangan masing-masing posko di wilayah cabang Bangil.

Kegiatan tersebut mendapat perhatian dari Satkorwil Jatim. Komandan Ashadi dan Syaroni tampak semangat melakukan pemantauan.

Reporter: Adi

Redaktur: Anam

WhatsApp chat