oleh

Tiga Angkatan Jalani Pelatihan KPMD di BBLM Yogyakarta

Mediajatim.com, Yogyakarta – Sebanyak 75 pemuda Jawa Timur menjalani Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) di Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta, Kamis-Selasa (13-17/7). Mereka terdiri dari angkatan XXI, XXVII, dan XXVIII.

KPMD merupakan warga desa terpilih yang memfasilitasi atau memandu masyarakat dalam mengikuti atau melaksanakan kemajuan perdesaan dan kelompok masyarakat pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pemeliharaan.

“Sebagai kader masyarakat tentunya peran dan tugas membantu pengelolaan pembangunan di desa diharapkan tidak terikat waktu,” ujar Kepala BBLM Yogyakarta Hermanto Supangat saat pembukaan pelatihan, Kamis (13/7).

Baca Juga:  Rahasia Sukses Pengelolaan DD Menurut Achsanul Qosasi

Diungkapkan, pelatihan tersebut sejatinya diikuti oleh 90 peserta. Hanya saja, sebanyak 15 peserta berhalangan hadir. Mereka berasal dari Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Lumajang.

“Jagalah kesopanan, kerja sama, ketertiban, dan yang tak kalah pentingnya ialah jalin silaturrahim selama pelatihan. Usai pelatihan, tetaplah jalin hubungan silaturrahim. Bangunlah jejaring persaudaraan,” tegas Hermanto.

Reporter: Selvi

Redaktur: Nur Aini