Pemerintah Kecamatan Kadur Gagas Satgas Peka Mata

MediaJatim.com, Pamekasan – Pemerintah Kecamatan Kadur menggagas Satuan Tugas Peduli Kesehatan Masyarakat (Satgas Peka Mata) yang dikukuhkan Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asyari, Senin (11/09), di Pendopo Kecamatan Kadur Pamekasan.

Latar belakang terbentuknya Satgas ini karena adanya fenomena di masyarakat, salah satu keluarganya sakit tetapi tidak mau berkunjung ke puskesmas terdekat.

DLH Pamekasan

Seperti yang disampaikan oleh Camat Kadur, Amirus Saleh, bahwa ada salah satu masyarakat di Kecamatan Kadur yang mengidap penyakit kronis yang tidak ditangani medis, hal ini karena anggota keluarga yang sakit enggan membawa ke Puskesmas karena merasa malu dan terkendala biaya.

“Masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat perlu ditangani secara khusus, maka dari itu kami, membentuk Satgas Peka Mata yang keanggotaannya terdiri dari Pemerintah Kecamatan Kadur, Danramel dan Bhabinkamtibmas bekerja sama dengan Puskesmas kadur,” tegas Camat Kadur.

Dengan harapan, lanjutnya, tidak ada lagi masyarakat yang sakit terlambat penanganannya, sehingga keberlangsungan hidup masyarakat akan terjamin.

Baca Juga:  Akhir Kompetisi, Persipura Mustahil Gusur Madura United

Namun itu semua juga bergantung pada individu masing-masing, mau sehat atau tetap sakit, tukasnya.

Hal senada juga disampaikan Khalil Asyari, selaku Wakil Bupati Pamekasan, bahwa selain kesejahteraan, ada dua hal pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat, yaitu keamanan dan kesehatan. Gagasan membentuk Satgas Peka Mata sangat membantu masyarakat dalam menghadapi kendala pengobatan penyakit mereka.

“Agar program Satgas tersebut terlaksana dengan baik, maka perlu koordinasi dan komunikasi yang baik antara anggota Satgas dan masyarakat,” ujar Khalil.

Adanya Satgas Peka Mata juga akan menuntun masyarakat untuk melihat bahwa mereka diperhatikan oleh Pemerintah, khususnya Pemerintah Kecamatan Kadur, pungkas Wakil Bupati Pamekasan tersebut.

Baca Juga:  Sempat Menghilang, Dua Sejoli Wisatawan Gunung Ijen Akhirnya Ditemukan

Untuk diketahui, selain acara pengukuhan Satgas Peka Mata, juga terlaksana Halal Bihalal dan Pembagian hadiah lomba pada Kegiatan HUT RI ke 72 yang diselenggarakan oleh Muspika Kadur, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan, Kepala Cabang Pendidikan Kecamatan Kadur, Kepala Desa se-Kecamatan Kadur, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah semua tingkatan dan Guru yang ada di wilayah Kecamatan Kadur.

 

Reporter: Imam Syafii

Redaktur: Sule Sulaiman