PIAUD STAIN Nekad Gelar Talk Show Islami

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Keberanian Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAIN Pamekasan dalam menyelenggarakan acara perdana “Talk Show Islami” terbilang nekad, Sabtu (23/9). Pasalnya, acara tersebut baru pertama kali karena memang usia prodinya baru menginjak 3 tahun.

Ketua Hima PIAUD Rosalina Afdalipah, dengan gagasan-gagasannya mampu menghidupkan organisasi yang dipimpinnya. Setelah beberapa kali musyawarah dengan jajaran kepengurusan, akhirnya disepakati talk show islami dengan tema “Implementasi Nilai-nilai Aqidah pada Anak Usia Dini”. Acara yang berlangsung di Auditorium Pamekasan ini mendapat sambutan yang meriah dari segenap mahasiswa, terutama prodi PIAUD.

Dalam sambutannya, ketua panitia Hosriyatun menyampaikan, tema tersebut diangkat atas bentuk kepedulian Hima PIAUD terhadap kondisi pendidikan yang mulai jauh dari nilai ketauhidan.

Diterangkan, pembentukan dan pembangunan karakter lebih mudah dan lebih gampang dari usia sejak dini. Apalagi yang akan diterapkan nilai akidah yang nanti akan merujuk pada bentuk sikap dan moralitas anak.

Baca Juga:  Nakhodai Formasa IAIN Madura, Elman Komitmen Kristalkan Pendidikan

“Harapan kami setelah acara ini, ada perubahan pola pikir serta perubahan pradigma pendidikan untuk kembali mentranformasi nilai-nilai ketauhidan dalam setiap inti pendidikan,” terang Hosriyatun.

Rosalina Afdalipah selaku Ketua HIMA PIAUD pertama menegaskan, diangkatnya tema tersebut atas dasar melemahnya nilai-nilai akidah yang diterapkan dalam lingkungan sekolah. Sehingga, hal itu perlu adanya perubahan agar pendidikan tidak hanya sebagai bagian untuk meningkatkan kualitas keilmuan semata. Akan tetapi, mempunyai nilai lebih, yaitu nilai ibadah kepada Allah SWT.

“Dan pada dasarnya Rasulullah SAW sudah mengajarkan kepada kita, nilai yang pertama kali dibangun di samping nilai yang lain adalah pemahaman tentang ketuhanan. Siapa Allah, siapa Rasul-Nya dan seperti apa ajarannya, karena sajatinya manusia diciptakan hanyalah untuk menyembah kepada Allah SWT,” terang gadis yang akrab dipanggil Ocha ini.

Baca Juga:  HIMPAUDI Pragaan Rayakan Hari Ibu

Dalam kegiatan tersebut, panitia sengaja mengundang Ketua MUI Pamekasan KH. Ali Rahbini A Latif untuk membedah tema.

“Pelajaran pertama yang harus diajarkan kepada anak usia dini adalah nilai akidah, sehingga nilai akidah itu bisa menjadi pondasi awal yang kuat bagi mereka, dan juga menjadi filterisasi terhadap tingkah laku, serta menjadikan mereka manusia yang selalu mawas diri, merasa selalu dalam pengawasan Allah, dan selalu takwa kepada Allah di mana pun berada,” tegasnya.

Acara yang diikuti kurang lebih 250 peserta tersebut berlangsung sampai pukul 11.30 WIB. Peserta tampak khidmat hingga acara diakhiri dengan pemberian cenderamata dan pembacaan doa.

Reporter: Rey Akmal Fauzi

Redaktur: Sule Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat