PAC GP Ansor Bangil Ikuti Bimtek Rintisan

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pasuruan – Dalam rangka mendorong sukses bisnis para pengusaha muda, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Bangil, mengikuti bimbingan dan pelatihan serta diskusi “Membangun Positioning Marketing Produk-Produk Start Up (Rintisan)”, Selasa (12/12), di Ruang Pertemuan Primer Koperasi An Nisa Kalirejo Bangil.

“Untuk membangun organisasi modern yang solid, sudah saatnya kader Gerakan Pemuda Ansor sebagai penopang utama organisasi menjadi kader mandiri yang mampu ‘menghidupi Ansor, bukan hidup dari Ansor’,” ujar Ketua PAC GP Ansor Bangil, Muchammad Nuryadi.

Artinya, kader mesti memberi manfaat kepada organisasi bukan semata mengambil untung dari organisasi. Kemandirian kader antara lain dapat diwujudkan dengan berwirausaha, jelas Pria yang biasa dipanggil Kang Adi tersebut.

“Melalui pelatihan ini, para calon pengusaha muda Ansor ini akan diajak membongkar seluk-beluk bisnis online, bagaimana menjual dengan tepat sasaran, bagaimana memenangkan persaingan serta teknik dan cara memaksimalkan internet agar terkenal,” ujarnya.

Baca Juga:  HSN, Kaum Sarungan Padati Gor A. Yani Sumenep

Peserta juga dikenalkan bagaimana melakukan riset pasar dengan memanfaatkan Google Trends dan Google Adwords serta praktik melakukan SEO (search engine optimation) dengan trik dan tips untuk mengoptimalkan akun/web hingga berada di peringkat teratas pada mesin pencarian. Hal ini akan sangat berguna untuk memaksimalkan promosi produk.

Menurutnya, sekarang ini eranya di mana orang hidup selalu terhubung dengan internet. Untuk itu pengusaha perlu memahami peta bisnis online tersebut yang meliputi produk, pemasaran, perangkat yang digunakan.

Pelatihan diikuti sekitar 30 peserta utusan dari Koperasi se wilayah Bangil, PAC Ansor NU Bangil, dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Mereka tampak antusias menyimak dan berdiskusi seputar materi pelatihan dengan para Narasumber.

Baca Juga:  GP Ansor Apresiasi Bupati Pamekasan dalam Tangani Covid-19

Sebagian dari peserta adalah pelaku UMKM yang sudah aktif berwirausaha di sejumlah sektor bisnis seperti kuliner, pakaian, suvenir, percetakan dan sebagainya. Pada kesempatan tersebut, Bambang Adi Selaku Kabid Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan juga memberikan kenang-kenangan atau hadiah kepada para Peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari narasumber berupa handphone Nokia 105 dual sim kepada tiga peserta.

Pelatihan Kewirausahaan tersebut akan ditindaklanjuti antara lain dengan Pelatihan Marketing Online yang akan diadakan dua bulan kedepan agar peserta dapat lebih efektif memasarkan produknya secara online.

Reporter: Muchammad Adi

Redaktur: Sule Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat