Bimtek, KPUD Pamekasan Tegaskan Kepemimpinan Kolektif

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Saat menjadi pemateri dalam Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih yang diikuti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Moh Subhan selaku Komisioner KPUD Pamekasan mengungkapkan kepemimpinan kolektif.

“Sama dengan komisioner KPUD, PPK merupakan pemimpin kolektif di tingkat kecamatan. Karena itu, setidaknya harus punya dua kompetensi,” terang Subhan.

Dosen Universitas Islam Madura (UIM) tersebut menambahkan, dua kompetensi yang dimaksud ialah kemampuan komunikasi dan kemampuan memutuskan.

“Kompetensi komunikasi berkaitan dengan mempengaruhi. Seorang pemimpin harus bisa mempengaruhi masyarakat secara positif. Untuk kemampuan kedua, harus punya tanggung jawab moral dan hukum bahwa kita berani memutuskan,” ujar Subhan.

Karena itu, Subhan mengimbau kepada lima PPK di tingkat kecamatan harus saling bersinergi. Karena antara yang satu dengan lainnya saling membutuhkan.

Sebelum bimtek yang digelar di Aula SMKN 3 Pamekasan tersebut, KPUD melangsungkan MoU dengan Dispendukcapil. Di Jawa Timur, ungkap Subhan, KPUD yang kerja sama secara formal dengan Dispendukcapil sementara dua.

“Yakni, KPUD Pamekasan dan Pacitan. Kita jadikan Dispendukcapil menjadi sumber utama data kependudukan kita,” tukasnya.

Reporter: Agus Supriyadi

Redaktur: Sule Sulaiman

  • Bagikan