MSFC DISPLAY WEB

Gusdurian Bondowoso Peringati Haul Gus Dur Bersama Lintas Agama

Media Jatim

MediaJatim.com, Bondowoso – Jaringan Gusdurian Kabupaten Bondowoso gelar Sewindu Haul Gus Dur (Semua Demi Bangsa dan Negara) bersama lintas agama dan warga setempat.

Agenda acara yang cukup sederhana tersebut dikemas dengan ngaji teladan Gus Dur yang dilaksanakan di Pure Tri Darma Santi kelurahan Nangkaan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Sabtu (30/12) malam.

Koordinator jaringan Gusdurian Kabupaten Bondowoso, Daris Wibisono Setiawan mengatakan kegiatan ini tidak lain untuk mengenang tauladan guru besar kita.

“Gusdurian lahir ingin mengamalkan apa yang diajarkan oleh Gus Dur tentang bagaimana menghargai minoritas, bagaimana menyayangi minoritas,” jelasnya.

Dimana, hal yang luar bisa yang dilakukan  oleh Gus Dur ketika pertama kali pidato di Amerika Serikat adalah saya telah memberikan contoh kepada dunia, bahwa saya di Indonesia itu sangat menghargai minoritas dan kamu minta tolong yang di amirika itu juga menghargai yang minoritas.

Baca Juga:  Komunitas Jurnalis Sumenep Berbagi Buka Puasa

“Itu pesan yang deposita yang luar biasa yang disampaikan beliau,” tegas Daris Wibisono Setiawan.

Lain dari itu, selaku tuan rumah Pure Tri Darma Santi Wayan dari agama Hindu menjelaskan bangunan tempat suci ini, Pure ini kami beri nama Pure Tri Darma Santi, tri yang artinya tiga, perilaku yang tiga yaitu perilaku yang baik, berkata-kata yang sopan, baik dan berbuat yang baik, untuk santi artinya damai.

Wayan yang juga aktif dalam Perkumpulan Kifayah Umat Islam tersebut mengatakan dengan kedatangan jaringan Gusdurian dari Bondowoso ke tempat kami, kami sangat terima kasih, berbangga hati, dan kami merasa besar selaku minoritas.

Baca Juga:  Kawal Kasus Pemerkosaan di Arjasa, Gusdurian Sumenep Siap Bantu Rehabilitasi Korban 

“Karena kami merasa dilindungi dan kami dijadikan bendahara kifayah di tempat tinggal kami,” ungkapnya.

Banner Iklan Media Jatim

Ia berharap dengan diselenggarakan Sewindu Haul Gus Dur oleh teman-teman dari Gusdurian, mudah-mudahan kesan-pesan Gus Dur walaupun beliau sekarang ada di alam nirwana, alam surga tetap arwahnya itu melihat di alam sana, sebagaimana apa yang dipesankan beliau dalam bertoleran berbangsa dan bernegara yang berBhinneka Tunggal Ika dan para pemuda-pemuda, mudah-mudahan penerus regenerasi kita tetaplah bertanggung jawab.

Kegiatan Sewidun Haul Gus Dur yang bertema Semua Demi Bangsa dan Negara tersebut, dikemas dengan Ngaji Teladan Gus Dur dan diisi oleh Naufal Kawakib dan Mustawi.

Reporter: Ade Nurwahyudi

Redaktur: Sule Sulaiman