MWCNU Dungkek Getol Sosialisasi NUsantara Mart

Media Jatim

MediaJatim.com, Sumenep – Pengurus NU Kecamatan Dungkek, Sumenep, Jawa Timur yang tergabung dalam Tim 9 getol melaksanakan sosialisasi NUsantara Mart kepada seluruh warga nahdliyin di Kecamatan Dungkek dan sekitarnya.

NUsantara Mart merupakan usaha mandiri berbasis jamaah (oleh jamaah dan untuk jamaah NU), yang bergerak di bidang penjualan grosir, retail atau mini market. Inisiatif ini sebenarnya muncul dari alumni Kader Penggerak NU atau biasa disebut dengan Rencana Tindak Lanjut (RTL) PKPNU yang diadakan oleh Pengurus Wilayah NU Jawa Timur.

Di wilayah Jawa Timur, nampaknya sudah banyak yang menerapkan usaha NUsantara Mart ini salah satunya adalah Tulungangung.

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dungkek juga sudah mendaftar ke Pengurus Wilayah NU untuk memperoleh izin membangun NUsantara Mart di Kecamatan Dungkek.

Baca Juga:  Ikhtiar Serikat Pemuda Kecamatan Guluk-Guluk Sediakan Buku Bacaan bagi Pelajar

NUsantara Mart di Dungkek ini langsung ditangani oleh Tim 9, yang meliputi Katib, Pengurus Tanfidhiyah, PAC Ansor, ISNU, Banser, dan Ranting Ansor. Tim 9 ini sering menyosialisasikan NUsantara Mart dari satu tempat ke tempat yang lain.

“Kami rutin sosialisasi, setiap ada acara NU ataupun acara Banom NU kami sempatkan untuk sosialisasi, selain itu kami juga menyebarkan di medsos,” ungkap Yondriani Akbar, salah satu dari Tim 9.

Menurut Darsono, sekretaris MWCNU Dungkek, Tim 9 hanya bertanggung jawab dan bertugas untuk mengawal terlaksananya NUsantara Mart, terkait dengan modal dan sebagainya itu bersumber dari jamaah.

Tim 9 menyediakan 5000 saham yang harus dibeli oleh paling sedikit 3000 orang bagi seluruh warga nahdliyin di Kecamatan Dungkek dan sekitarnya.

Baca Juga:  Ketua Cabang Ansor Pamekasan Beri Reward GP Ansor Proppo, Ini Penyebabnya

“Mengenai penjualan saham, satu lembar seharga 100 ribu, satu orang maksimal bisa membeli 10 saham. Tapi diperioritaskan satu orang satu lembar saham. Sampai saat ini (13/01/2018) baru 791 saham yang terjual. Jika memang ada warga nahdliyin di berbagai daerah yang berkenan untuk membeli saham, dengan senang hati kami akan melayani,” tuturnya.

Banner Iklan Media Jatim

Dia menambahkan, Tim 9 menargetkan pada pertengahan tahun 2018, NUsantara Mart Dungkek sudah mulai beroperasi,

“Kami menargetkan bulan Juni 2018 NUsantara Mart sudah bisa bermanfaat kepada jamaah,” pungkasnya saat diwawancarai pada Sabtu (13/01) siang.

Reporter: Saiful Fawait

Redaktur: Sule Sulaiman