10 Fakta Menarik Laga Pembuka Piala Presiden 2018

MediaJatim.com, Bandung – Laga pembuka Piala Presiden 2018 resmi digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat, mempertemukan dua tim besar di Grup A, Persib Bandung melawan Sriwijaya FC, Selasa (16/01). Persib Bandung keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 1-0.

Ada beberapa fakta-fakta menarik yang terjadi sepanjang pertandingan yang dipimpin oleh wasit lokal, Jumadi Efendi. Berikut fakta-fakta menarik tersebut:

1. Tim tuan rumah tertekan terlebih dahulu di awal pertandingan meski bermain di hadapan pendukung fanatiknya, Bobotoh dan Viking Mania. Duet eks pemain Semen Padang, Novan Sasongko dan M. Nur Iskandar sempat memberi syok terapi kepada pemain belakang Persib Bandung yang dikomandoi pemain anyar, Bojan Malisic dan Achmad Jufrianto.

2. Pemain muda tuan rumah, Persib Bandung kurang berkontribusi maksimal sehingga skema permainan tim yang dibesut Mario Gomes tersebut tidak berjalan dengan baik. Salah satunya Puja Abdillah terlihat kikuk saat diturun untuk bertugas dalam penyerangan di sisi sayap Persib Bandung. Namun justru pemain muda Sriwijaya FC yang tampil dengan baik, seperti Adam Alis dan Syahrian Abimanyu. Terbukti keberadaan mereka berdua mampu menguasai lini tengah.

Baca Juga:  Komentar Sosok Casemiro Sebelum Madura United Kontra PS Tira

3. Pemain usia under 19, Syahrian Abimanyu mampu menjadi pembagi bola yang mumpuni di lini tengah Laskar Wong Kito. Abimanyu bekerjasama dengan Adam Alim membuat lini tengah Sang Pangeran Biru tidak bisa mengimbangi meski sudah dihuni pemain bintang Michael Essen. Bahkan sempat membuat penjaga gawang Persib harus susah payah menepis tendangan bebasnya. Meski akhirnya ia ditarik keluar untuk digantikan Yogi Rahadian di menit 62′.

4. Dua kiper yang dipercayai mengawal gawang adalah sosok penjaga gawang muda. Mereka adalah M. Natsir (Persib Bandung) dan Teja Pakualam (Sriwijaya FC). Dua penjaga gawang ini merupakan kiper masa depan Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

5. Mantan pemain Semen Padang FC, Novan Sasongko menjadi pemain pertama yang terkena kartu kuning. Novan dalam laga pembuka ini berseragam Sriwijaya FC.

6. Pemain anyar pengganti Vladimir Vujovic, Bojan Malisic langsung mendapatkan kartu kuning di laga debut resminya bersama Persib Bandung.

7. Pemain asing, Ink Kyun Oh, yang sempat ragukan dapat bermain baik di Persib Bandung, menjadi pemain yang berhasil mencetak gol pembuka turnamen pramusim, Piala Presiden 2018. Ink Kyun Oh mencetak gol pertamanya untuk Persib Bandung, setelah memanfaatkan kemelut Di depan gawang Sriwijaya FC.

Baca Juga:  Panwaslu Tegaskan PPK Kadur Bersih

8. Makan Konate yang tercatat pernah membela Persib Bandung, diplot untuk mengisi pos sayap kanan penyerangan Sriwijaya. Padahal permainan Makan Konate sewaktu masih menjadi pemain Persib Bandung seringkali bergerak lebih ke tengah. Hingga dia tidak mampu membawa berkontribusi dengan maksimal.

9. Mario Gomes mampu mengubah permainan Persib Bandung di babak kedua. Persib yang awalnya di babak pertama tertekan, hingga akhirnya mampu mengatasi kebuntuan tim. Tidak rugi manajemen mendatangkan tim sekaliber Mario Gomes. Selain itu,  laga pembuka ini mempertemukan dua sosok pelatih handal, Mario Gomes dan Rahmad Darmawan. Namun Rahmad Darmawan belum mampu mengakhiri catatan buruknya, tidak pernah menang dari Mario Gomes. Setelah sebelumnya mereka berdua pernah sama-sama menangani tim yang berlaga di Liga Malaysia.

10. Striker ujung tombak dari kedua tim tidak tampil dengan penampilan terbaiknya. Beto Gonzalves di Sriwijaya FC dan Ezechiel N’Douassel di Persib Bandung. Mereka kerapkali membuang peluang emas di depang gawang.

Reporter: Sule Sulaiman

Redaktur: Nur Aini

WhatsApp chat