116 PPS-PPDP Pakong Semangat Ikuti Bimtek Pemutakhiran Data

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Sebanyak 80 PPDP dan 36 PPS se-Kecamatan Pakong mengikuti Bimtek Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Rabu (15/1). Itu berkaitan dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pamekasan serta Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Jawa Timur tahun 2018 bertempat di gedung serbaguna kecamatan Pakong.

Tepat pukul 09.00 wib acara tersebut dimulai dan berakhir pukul 12.00 wib. Kegiatan Bimtek PPDP ini semula akan dihadiri Muhammad Subhan dan Abd. Said selaku Komisioner KPU sebagai narasumber. Namun sedikit terhambat, karena pada saat yang bersamaan, keduanya harus menghadiri rapat pleno penyerahan berkas hasil verifikasi calon bupati dan wakil Bupati Kabupaten Pamekasan.

Ketua PPK Kecamatan Pakong Subairi, S. Hum, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran PPDP dalam penyelenggaraan Pilkada. Di antaranya melayani hak konstitusional warga dalam pesta demokrasi.

Ketua PPK Pakong, Subairi S.Hum saat memberi sambutan dalam bimtek pemutakhiran data.

Di samping itu secara teknis, tambah Subairi, PPDP tidak hanya melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih saja. Akan tetapi, juga perlu mengajak seluruh warga masyarakat untuk meningkatkan partisipasinya dengan cara hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) yang telah ditetapkan.

Usai acara sambutan, dilanjutkan dengan penyematan tanda pengenal PPDP secara simbolis oleh ketua PPK Kecamatan Pakong dan diikuti oleh seluruh PPDP. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara bimtek.

Mahsun, S.P selaku narasumber dalam kegiatan Bimtek PPDP menyampaikan teknis pelaksanaan coklit dengan mengacu pada tiga tahapan coklit, yakni Persiapan, Pelaksanaan, dan Pelaporan.

Tiga hal itulah yang harus diperhatikan oleh PPDP. Mahsun juga menjelaskan teknis pengisian formulir yang harus dibawa oleh PPDP saat melaksanakan tugas. DI antaranya formulir A KWK, formulir AA KWK, formulir AA 1 KWK, formulir AA 2 KWK serta materi lain yang ada di buku panduan yang sebelumnya sudah diterima oleh seluruh PPDP.

Sebelum acara bimtek diakhiri, Drs. Abd. Said selaku Komisioner KPU divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) hadir di tengah-tengah acara yang sebelumnya sudah konfirmasi melalui WA.

Dalam kesempatan itu, Pak Dus (sapaan akrabnya) diberikan kesempatan menyampaikan materi pemantapan pemutakhiran data pemilih, dengan gayanya yang santun dan jenaka mengundang gelak tawa peserta sehingga lelah dan gelisah tidak terasa.

Pak Said hanya mengharap kepada semua penyelenggara Pilkada Kecamatan Pakong mulai dari PPK, PPS termasuk pula PPDP untuk bersama-sama mensukseskan penyelenggaraan Pilkada tahun 2018 dengan cara meningkatkan angka kehadiran masyarakat ke TPS dari periode sebelumnya.

“Semoga dengan digelarnya Bimtek pemutakhiran data pemilih ini, menjadi bekal ilmu dan pengetahuan khususnya kepada seluruh PPDP dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya demi peningkatan kualitas penyusunan daftar pemilih yang komprehensif, akurat dan mutakhir,” tukasnya.

Reporter: Agus Supriyadi

Redaktur: Sule Sulaiman

  • Bagikan