MSFC DISPLAY WEB

Eksan: Jangan Jadi Pemuda Pecundang!

Media Jatim

MediaJatim.com,Jember – Memiliki skill atau keterampilan kerja adalah sebuah keniscayaan dewasa ini. Sebab, tanpa skill yang memadai, para pencari kerja akan tenggelam di tengah persaingan yang begitu tajam.

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Moch Eksan saat memberikan sambutan dalam
Pelatihan Institusional Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktifitas (PKTKP) di Balai Latihan Kerja (BLK), Jember, Senin (12/2).

Menurutnya, keterampilan kerja sangat penting, lebih-lebih Indonesia sudah memasuki fase pasar bebas. “Persaingan di bursa tenaga kerja lokal saja sudah sengit, apalagi (bersaing) dengan tenaga kerja asing. Tapi kalau kita punya keterampilan, kita mampu,” ucapnya.

Baca Juga:  Caleg PAN Pamekasan Akui Ngasih "Uang Bensin" kepada Dua Anggota PPS

Kendati demikian, pembekalan mental juga penting. Sebab meski sudah punya keterampilan tapi tak memiliki semangat yang berlipat untuk memperbaiki hidup, maka skill tak banyak berguna.

“Kita boleh jatuh berkali-kali dalam berusaha, tapi kalau kita punya mental yang kuat, tak mudah menyerah, maka insyaallah berhasil,” lanjutnya.

Untuk itu, Eksan mengingatkan bahwa pemuda Jawa Timur seharusnya mewarisi semangat juang para pahlawan yang telah berhasil mengusir penjajah dalam perang 10 Nepember di Surabaya. Semangat mereka seyogyanya menginspirasi kaum muda untuk berjuang di medan lain tanpa kenal putus asa.

Baca Juga:  Pemimpin Sejati Tak Bikin Jarak dengan Rakyat

“Kita adalah bangsa besar. Para leluhur kita adalah para pejuang yang hebat. Maka kita janganlah kita menjadi pemuda pecundang, pemuda yang mudah menyerah. Jadilah pemuda yang bermental baja,” tegasnya.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: Sule Sulaiman

Banner Iklan Media Jatim