Eksan: Jangan Jadi Pemuda Pecundang!

MediaJatim.com,Jember – Memiliki skill atau keterampilan kerja adalah sebuah keniscayaan dewasa ini. Sebab, tanpa skill yang memadai, para pencari kerja akan tenggelam di tengah persaingan yang begitu tajam.

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Moch Eksan saat memberikan sambutan dalam
Pelatihan Institusional Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktifitas (PKTKP) di Balai Latihan Kerja (BLK), Jember, Senin (12/2).

DLH Pamekasan

Menurutnya, keterampilan kerja sangat penting, lebih-lebih Indonesia sudah memasuki fase pasar bebas. “Persaingan di bursa tenaga kerja lokal saja sudah sengit, apalagi (bersaing) dengan tenaga kerja asing. Tapi kalau kita punya keterampilan, kita mampu,” ucapnya.

Kendati demikian, pembekalan mental juga penting. Sebab meski sudah punya keterampilan tapi tak memiliki semangat yang berlipat untuk memperbaiki hidup, maka skill tak banyak berguna.

Baca Juga:  H. Marsuki Optimis NasDem Jember Jadi Pemenang

“Kita boleh jatuh berkali-kali dalam berusaha, tapi kalau kita punya mental yang kuat, tak mudah menyerah, maka insyaallah berhasil,” lanjutnya.

Untuk itu, Eksan mengingatkan bahwa pemuda Jawa Timur seharusnya mewarisi semangat juang para pahlawan yang telah berhasil mengusir penjajah dalam perang 10 Nepember di Surabaya. Semangat mereka seyogyanya menginspirasi kaum muda untuk berjuang di medan lain tanpa kenal putus asa.

“Kita adalah bangsa besar. Para leluhur kita adalah para pejuang yang hebat. Maka kita janganlah kita menjadi pemuda pecundang, pemuda yang mudah menyerah. Jadilah pemuda yang bermental baja,” tegasnya.

Baca Juga:  Keanggotaan NasDem Jember Lebihi Batas Minimal

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: Sule Sulaiman