Ra Fauzi Ungkap Pemuda Hebat dalam Al-Qur’an

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Lora Rey Akmal Fauzi tampil sebagai pembicara dalam talk show ilmiah yang digelar mahasiswa KPM STIU Al-Mujtama’ di MA Ad-Duriah Putri, Bangkes, Kadur, Pamekasan Rabu (14/2).

Dalam kesempatan itu, Ra Fauzi mengungkap pemuda hebat yang termaktub dalam Al-Qur’an. Itu sebagai penegasan tema yang diusung, yakni “Membangun Generasi Muslim yang Militan Perspektif Al-Qur’an”.

Menurut Ra Fauzi, Al-Qur’an memberikan kabar kepada manusia tentang sejarah generasi masa lalu yang selalu berpegang teguh pada Allah, maka Allah muliakan ia di dunia dan akhirat.

Baca Juga:  Hidup Otentik

“Di antara sejarah itu dimuat dalam Surat Al-Kahfi, surat yang mengabarkan tentang pemuda-pemuda luar biasa kuat memegang ajaran tauhid. Sebuah nilai yang saat ini sudah mulai tergerus seiring perkembangan arus globalisasi yang semakin besar,” terang.

Pengurus GP Ansor Kadur Pamekasan tersebut, selanjutnya mengetengahkan bunyi ayat berikut:

نَّحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُم بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى (١٣)وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَن نَّدْعُوَ مِن دُونِهِ إِلَٰهًا ۖ لَّقَدْ قُلْنَا إِذًا شَطَطًا (١٤)

Yang bisa kita ambil pelajaran dalam surat tersebut untuk membangun generasi muslim militan, ujar Ra Fauzi, adalah setidaknya empat poin.

Baca Juga:  Sayang Anak

Pertama, membangun kesadaran iman yang kokoh. Kedua, senantiasa menambah amal shalih. Ketiga, menjalin dan memperkuat jalinan ukhuwah islamiah.

“Dan keempat, memiliki ketegasan prinsip dan selalu berkontribusi bagi kehidupan masyarakat,” tukas pendiri sekaligus Ketum Forum Mahasiswa Peduli Kadur (FMPK).

Reporter: Imam Syafi’i

Redaktur: Sule Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat