Tanamkan Jiwa Jurnalis, Iksapansa Gelar Diklat

Media Jatim

MediaJatim.com, Sumenep – Ingin membumikan jiwa jurnalis. Itulah misi dari pengurus Ikatan Santri Annuqayah Pamekasan Sampang (Iksapansa).

Guna mewujudkan itu, Iksapansa menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) jurnalistik, Jumat (23/2). Bertempat di Aula Lantai II MA 1 Annuqayah, diklat tersebut menghadirkan wartawan senior sekaligus General Manager (GM) Kabar Madura, Hairul Anam.

“Pesertanya adalah anggota dan pengurus Iksapansa, sekaligus delegasi dari organisasi daerah lainnya dan lembaga penerbitan yang ada di Pesantren Annuqayah Lubangsa,” ungkap Ketua Iksapansa, Ainor Rahman,

Pemuda asal Desa Sedur, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan tersebut menambahkan, pihaknya sengaja mendatangkan pemateri yang kompeten dan sarat pengalaman. Harapannya, peserta bisa termotivasi untuk mengikuti jejaknya.

Baca Juga:  Gelar Rapat Kerja, HMI Komisariat Insan Cita Siapkan Program Nyata

“Kalau perlu, nanti peserta bisa lebih hebat dari pemateri,” tegas Ainor Rahman sembari tersenyum.

Dalam penyampaiannya, Anam memaparkan materi yang dimulai dengan motivasi jurnalistik. Dia mengungkapkan dirinya umroh secara gratis ke Makkah dan Madinah lantaran berkhidmat di dunia tulis-menulis.

“Pada tahun 2012, alhamdulillah saya dapat penghargaan sebagai karyawan terbaik di Kabar Madura. Rewardnya adalah umroh gratis. Itu semua tentu atas izin Allah atas semangat yang harus selalu kita gelorakan,” tukas Anam.

Selebihnya, Anam memberikan materi jurnalistik dasar yang dikemas dengan dua sesi. Sesi pertama menekankan pada teori, sementara sesi kedua menajamkan teori melalui praktik.

Baca Juga:  Ketua BAZNAS Pamekasan Mengaku Sudah Mengundurkan Diri dari Parpol, DPC PKB: Lupa Kapan Tanggalnya!

Anam juga memberi bonus kepada peserta. Yakni, tidak hanya berbagi materi dan pengalaman seputar jurnalistik. Namun, juga berbagi tips tulis menulis secara mudah.

Reporter: Imam Syafi’i

Redaktur: Sule Sulaiman