Siapkan Generasi Milenial, SMA Al-Miftah Gelar Pelatihan Jurnalistik 2018

  • Bagikan

MediaJatim.com, Sampang – Dalam rangka mengembangkan dunia literasi di kalangan generasi Milenial, SMA Al-Miftah menggelar pelatihan jurnalistik 2018, Rabu (28/2).

Bertempat di Aula Pesantren Sumber Kebun, Pangereman, Ketapang, Kabupaten Sampang, kegiatan tersebut diikuti 100 peserta. Mereka perwakilan dari SMP Al-Miftah dan pengurus pesantren.

Panitia menghadirkan narasumber dari Tim Redaksi Al-Miftah Magazine Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen, Pamekasan.

“Sekolah memberikan ruang untuk berkreasi dan menggali potensi. Dengan pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu mengatasi hambatan menulis, sehingga bisa bersaing di era milenial. Muaranya muncul penulis andal dari kalangan santri,” ujar Syaiful selaku Pembina OSIS Putra SMA Al-Miftah.

Peserta dikelompokkan sesuai materi yang diminati, yaitu meliputi pembuatan berita, Artikel/Opini, Resensi Buku dan Desain Grafis. Tampak mereka antusias dan bersemangat sampai materi tuntas.

Menurut Syaiful, para ulama besar terdahulu adalah penulis atau pengarang kitab. Seperti Imam syafi’i, Syekh Nawawi Al-Bantani dan lainnya adalah seorang penulis terbaik.

“Karena dengan kita menulis, maka akan selalu dikenang suatu hari nanti. Bahkan ada istilah ‘Menulislah Sejelek Mungkin’. Artinya, jangan takut menulis dan takut salah. Harus berani berkarya,” tegas Abdullah Sa’en selaku Pimpred Al-Miftah Magazine.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan soufenir bagi peserta terbaik setiap katagori. Santri Sumber Kebun sangat luar biasa prestasinya; ada banyak tulisan yang dipublikasikan di koran kabar Madura.

“Bahkan 4 bulan lalu meraih 2 tropi tingkat kabupaten,” ungkap Moh Sukri tampak bangga selaku pembicara.

Reporter: Mohammad Nuril Muslim

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan