Puskesmas Batumarmar Berhasil Raih Akreditasi Madya

  • Bagikan

MediaJatim.com, Pamekasan – Puskesmas Batumarmar oleh Komisi Akreditasi Kementrian Kesehatan RI dinyatakan lulus dengan kategori Madya, (28/02) lalu. Abdurrasid selaku Kepala Puskesmas Batumarmar Mengungkapkan rasa syukur sebab puskesmas yang dipimpinnya kurang lebih selama 3 tahun berhasil meraih akreditasi Madya.

“Ini tidak lepas dari kerjasama semua elemen baik internal dan eksternal,” ujarnya.

“Sesuai Permenkes Nomor 75 tahun 2014, kita mempersiapkan semuanya termasuk akreditasi. Akreditasi tujuannya untuk peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat. Untuk memperoleh akreditasi puskesmas harus menyiapkan tiga dokumen yakni Dokumen Manajemen, Dokumen UKP (Upaya Kesehatan Perorangan) dan UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat),” ungkap Abdurrasid, Senin (12/03).

Baca Juga:  Syaifuddin Asmoro Dedikasikan Rumahnya Jadi Posko Tangguh Covid-19

Semoga pihak bekerjasama demi terlaksananya proses akreditasi ini, lanjut Abdurrasid. Sebab apabila ditemukan puskesmas tidak terakreditasi maka salah satu sanksinya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) akan memutus kontrak kerja yang telah terjalin.

Terpisah, Ketua Tim Mutu Puskesmas Batumarmar, Achmad Fajar Habibi juga menyampaikan harapannya ke depan atas raihan akreditasi Madya tersebut.

“Kita berharap dengan diperolehnya kategori Madya, pelayanan kesehatan kepada masyarakat terus ditingkatkan dan bisa meningkatkan status akreditasinya menjadi Paripurna di masa yang akan datang. Karena ini akan dinilai lagi tiga tahun ke depan, jika secara pelayanan dan administrasi menjadi lebih baik lagi, maka tidak menutup kemungkinan kita akan mencapai tingkat akreditasi tertinggi yakni Paripurna,” tuturnya.

Baca Juga:  Nama LSM Siti Jenar Dicatut untuk Peras Kepala Desa

Selain itu, ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kalangan masyarakat Batumarmar yang mana mereka mempunyai Puskesmas yang baik dan nyaman pelayanannya di daerahnya sendiri.

Untuk diketahui, tingkatan akreditasi Puskesmas terbagi menjadi empat, yakni tingkatan Dasar, Madya, Utama dan Paripurna.

Reporter: Ongky

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat