Dispendukcapil Galakkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan

  • Bagikan

MediaJatim.com, Sumenep – Kegiatan Sadar Administrasi Kependudukan saat ini sedang gencar digalakkan oleh Pemerintah untuk memotivasi masyarakat dalam kedisiplinan administrasi. Rabu (21/03), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep melalui koordinator pelaksana kecamatan melaksanakan program pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Desa Prenduan, Pragaan Sumenep.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Wahasah, eks Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Dispendukcapil Pragaan ini melibatkan semua elemen masyarakat. Mulai dari Kepala Dinas, Camat, seluruh Kepala Desa, Instansi terkait, hingga warga Kecamatan Pragaan. Dengan tujuan utama, supaya masyarakat betul-betul paham akan pentingnya dokumen kependudukan serta pemanfaatan dan rasa sense of belonging-nya.

Baca Juga:  Bangun 29 Titik Jalan, Permudah Akses Sarana dan Hasil Panen

“Mindset masyarakat harus berubah, dari sikap antipati terhadap administrasi kependudukan bahwa ia hanya sebatas kertas tak berguna menjadi sikap menyadari betapa berharga dukumen tersebut, baik Kartu Keluarga (KK), KTP, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian,” ungkap Wahasah saat memberikan sambutan.

Lembaga pemerintah memang menjadi pioner dalam memberlakukan administrasi kependudukan. Adanya Gerakan Indonesia Sadar Admintrasi Kependudukan ini ingin mengembalikan tujuan utama tadi, tegas Wahasah. Disadari atau tidak, semua persyaratan telah berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). Satu data satu orang. Tidak lagi ada istilah identitas ganda atau bahkan multi untuk satu orang.

Baca Juga:  Ideal Places In order to meet A Partner

“Oleh karena itu, GISA tidak lagi menjadi batu loncatan dalam pembenahan administrasi, akan tetapi prioritas urgen, kunci dan barometer dalam menentukan validitas identitas. Hanya GISA yang bisa menjawab tantangan itu. Sebab, salah satu peran strategis GISA adalah sadar pemutakhiran data. GISA hadir sebagai solusi,” terang Ahmad Zaini selaku Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sumenep.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan pelepasan tim GISA yang akan melakukan penyisiran perekaman KTP Elektronik, pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Akta kelahiran ke seluruh desa di Kecamatan Pragaan, ditandai dengan pemotongan balon udara bertuliskan “Sukseskan #GISA”.

Reporter: Agus Supriadi

Redaktur: Sule Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat