Robiatul Adawiyah, Pemuda NU yang Tekuni Usaha Batik

MediaJatim.com, Bondowoso – Beginilah keseharian Robiatul Adawiyah (27) pasca menjadi Ketua Umum Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Bondowoso periode 2014-2016, pemuda yang sangat tekun membuka usaha batik tulis di rumahnya.

Kegiatan proses membatik tersebut dikerjakan setiap hari di rumahnya di Desa Pucanganom, RT/RW, 28/05, Kecamatan Jambesari Darus Sholah, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Robi’ panggilan akrabnya mengatakan, menekuni usaha ini sebagai bentuk melestarikan budaya Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Ketika itu ia mulai belajar membatik dari tahun 2010 masih menjadi pengurus IPPNU dan waktu itu hasil produksinya untuk dikonsumsi sendiri sampai tahun 2015.

“Alhamdullilah setelah melalui proses panjang di akhir tahun 2015 sampai sekarang hasil produksi saya sudah banyak dipakai orang,” jelasnya kepada MediaJatim, Sabtu (7/4).

Baca Juga:  Ramadhan, 3 Penjual Miras di Muncar Kena Tipiring

Hasil membatik tersebut dijual ke daerah kota Bondowoso, daerah kawasan Tapal Kuda, Surabaya bahkan sampai jakarta serta Medan. “Harganya dari harga mulai 175 ribu sampai 350  ribu, standart kok mas,” imbuhnya.

Selama ini membatik ia dibantu keluarga, teman-teman dan karyawan. Mulai membatik ia kerjakan di saat freetime bisa kapan saja.

Ia pun berharap dengan berkembangnya usaha yang saya tekunin saat ini nantinya dapat meningkatkan ekonomi, meningkatkan taraf hidup masyarakat serta dapat mengurangi pengangguran khususnya di daerah sekitar desa Pucanganom.

Reporter: Ade Nurwahyudi

Baca Juga:  Peringati HUT RI Ke-75, Pemdes Curahpoh Berbagi Masker

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat