oleh

Persebaya di Puncak, Madura United Tergeser

MediaJatim.com, Surabaya – Persebaya Surabaya pulang dengan sumbringah dari kandang PS Tira. Bajul Ijo berhasil menghajar Manahati Lestusen dkk dengan skor telak 1-4, Jumat (13/04).

Tiga gol Persebaya dicetak di babak pertama melalui ketajaman David da Silva di menit 4′, 30′ dan Osvaldo Haay di menit 45+1′. Dan sisanya diciptakan di babak kedua melalui David da Silva kembali. Sehingga David da Silva membukukan hattrick dan sekaligus menjadi top skor sementara bersama Rodrigus Fernando, pemain Mitra Kukar yang sama-sama telah melesatkan 4 gol ke gawang lawan di Liga 1 2018.

Kemenangan ini membuat Persebaya mengumpulkan 7 poin, sehingga klub yang juara liga 2 musim lalu itu berhasil bertengger di puncak klasemen sementara. Sebab Persebaya menang produktivitas gol meski Persipura Jayapura dan Borneo FC yang belum melakoni pertandingan pekan keempat Liga 1 juga mengumpulkan 7 poin.

Keberhasilan Persebaya Surabaya memuncaki klasemen rupanya berbanding terbalik dengan nasib klub asal Jawa Timur lainnya, Madura United. Klub yang berhomebase di Pulau Madura itu melakoni pekan keempat diwaktu yang bersamaan dengan Persebaya Surabaya melawan PS Tira. Madura United bertandang ke Stadion Aji Imbut Tenggarong guna melawan Mitra Kukar. Namun Satria Tama dkk tidak seajib si Bajul Ijo, harus pulang dengan hampa ke Madura setelah ditaklukkan Mitra Kukar dengan skor 3-1.

Baca Juga:  Ikuti Bimtek, Anggota PPS Diminta Pahami Protokol Kesehatan

Kekalahan Madura United berawal dari menit 12′ kala Rodrigus Fernando membobol gawang Satria Tama. Memasuki menit 31′, Laskar Naga Mekes berhasil memperlebar jarak keunggulan melalui pemain yang sama, Rodrigus Fernando.

Tertinggal 2-0, Madura United berhasil memperkecil ketertinggalan di menit 35′. Rafael Maitimo berhasil membuat jala gawang Mitra Kukar bergetar. Tak lama kemudian sebelum babak pertama berakhir Bayu Pradana dkk kembali menjauh. Pemain muda berbakat yang sudah menjadi pemain langganan Timnas Indonesia, Septian David Maulana mencetak gol. Skor menjadi 3-1 dan bertahan hingga akhir pertandingan, sebab di babak kedua tidak ada gol yang tercipta.

Baca Juga:  Kasat Lantas Polresta Banyuwangi Cangkrukan Bersama Club Motor

Kekalahan ini merupakan kekalahan kedua Madura United di laga tandang sejak kompetisi Liga 1 bergulir. Atas hasil tersebut, Madura tergeser ke posisi empat klasemen sementara. Namun posisi empat ini masih bisa diganti oleh klub lainnya yang memiliki poin yang sama dan belum melakukan pertandingan pekan keempat, seperti PSM Makassar, Bhayangkara FC dan Bali United.

Berikut daftar klasemen sementara Liga 1 2018:

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Nur Aini