Ini Keluhan Nelayan Muncar Saat Jumpa Gus Ipul

  • Bagikan

MediaJatim.com Banyuwangi – Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) Sabtu (14/4) berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur. Kedatangannya di Kota Gandrung ini untuk berbelanja ikan di Brak Kalimoro, Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar.

Pagi itu, kedatangan Gus Ipul disambut antusias para pedagang ikan dan tokoh nelayan setempat. Saat membeli ikan di pasar tersebut, Gus Ipul mendapat keluhan dari masyarakat yang tinggal di pesisir penghasil ikan di Bumi Blambangan ini. Keluhan itu salah satunya disampaikan H. Ridiyanto.

Tokoh nelayan yang didampingi ketua PAC PKB Kecamatan Muncar itu menyampaikan harapan para pedagang tentang kesejahteraan nelayan, seperti jaminan kesehatan dan asuransi.

“Gus Ipul, di pasar ini banyak pungutan liar (pungli) retribusi pasar,” keluh H. Ridiyanto ke Gus Ipul.

Selain itu, ketua Paguyuban Pedagang Ikan Pasar Brak Kalimoro, H. Abdullah juga menyampaikan keinginan para pedagang ikan, terkait perbaikan sistem regulasi supaya berpihak ke nelayan.

Mendengar keluhan itu, Gus Ipul merespon positif serta siap merealisasikan, jika dirinya terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur nanti.

“Kita melihat seperti itu harus satu rangkaian, bagaimana prosesnya dan penjualannya, serta sampai ke pembelinya seperti apa,” terang Gus Ipul.

Perihal ini, pihaknya punya tugas besar untuk meningkatkan penghasilan nelayan, caranya bisa dengan mengurangi pengeluaran atau beban dengan memberikan bantuan-bantuan, seperti KIS, PKH dan BPJS.

Selain itu, juga ada bantuan teknologi GPS, seperti jaring ikan, dan juga asuransi, supaya nelayan bisa terjamin kesehatannya.

“Kita bisa manfaatkan CSR para perusahaan sekitar untuk difokuskan kepada nelayan, karena yang langsung merasakan akibat proses produksi perusahaan itu adalah masyarakat,” pungkas Gus Ipul.

Reporter: Yudi Irawan

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan