Puasa Ramadlan Gerus Perilaku Serakah

Media Jatim

MediaJatim.com, Jember-Salah satu ‘produk’ yang dihasilkan dari pelaksanaan puasa Ramadhan adalah tergerusnya prilaku serakah dalam diri manusia. Sebab serakah adalah prilaku tercela sekaligus egois.

Banner Iklan Media Jatim

Hal tersebut diungkapkan anggota DPRD Jawa Timur saat memberikan tausiyah dalam acara Haflatul Imtihan & Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan di halaman Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jadid, Desa Kemuningsari Lor, Kecamatan Panti, Jember Jawa Timur, Ahad (29/4) malam.

Menurutnya, selain melatih kepekaan sosial manusia terhadap penderitaan sesama, puasa juga membimbing manusia untuk menjauhi prilaku serakah.

“Dilatih lapar, lalu kemudian makan secukupnya dan dianjurkan untuk banyak bersedekah adalah bagian dari terapi menjauhi sifat serakah,” ujarnya.

Baca Juga:  Оттого перед что как инспектировать увеселительные автоматические приборы казино мы рекомендуем не всего 777 Вулкан лишь веровать на удачу, а сложиться с корпоративной итогом, какую вы склонны израсходовать сберечь без сожаления

Lebih jauh, politisi Partai NasDem itu menjelaskan bahwa serakah sangat dibenci dalam Islam karena cenderung mengabaikan hak orang lain, di samping menjadi salah satu pendorong timbulnya tindak kejahatan. Buktinya, tak sedkit orang yang mencuri, korupsi dan sebagainya bukan semata-mata karena kekurangan makan atau uang tapi karena ingin kaya lebih lebih cepat.

“Itu ‘kan pendorongnya nafsu serakah,” urainya.

Hal lain yang juga menjadi ‘produk’ puasa Ramadhan adalah senang bersedekah. Bersedekah adalah ibadah sosial sekaligus berfungsi horisontal.

“Orang yang rajin bersedekah, tidak hanya disukai manusia tapi juga disenangi Allah,” tegasnya.

Baca Juga:  La Nyalla Apresiasi Pemerintah Atas Kembalinya Freeport ke Pangkuan Indonesia

Reporter: Aryudi Abdul Razaq

Redaktur: Sule Sulaiman